Harga Solana Naik, Dipicu ETF SOL dan Airdrop Baru!

2024-06-28
Harga Solana Naik, Dipicu ETF SOL dan Airdrop Baru!.jpg

Bittime - Harga Solana (SOL) naik hari ini! Kenaikan ini terjadi meskipun pasar kripto secara keseluruhan sedang mengalami pemulihan yang diwarnai kekhawatiran tekanan jual dari Bitcoin (BTC) yang dikirim ke exchange terpusat.

Saat artikel ini ditulis, harga SOL berada di sekitar Rp 2,37 juta (US$144,83), naik 6,75% dalam 24 jam terakhir. Mari kita lihat beberapa alasan mengapa harga Solana naik hari ini:

Harapan ETF Spot SOL dari Investor Institusional

Data dari Cointelegraph Markets Pro dan TradingView menunjukkan harga SOL melonjak tajam. Harganya naik dari level terendah Rp 2,2 juta (US$135) hingga mencapai titik tertinggi harian di Rp 2,4 juta (US$151) pada 27 Juni.

Kenaikan harga ini terjadi setelah adanya berita bahwa perusahaan pengelola investasi VanEck mengajukan permohonan untuk membuat Exchange-Traded Fund (ETF) Solana di Amerika Serikat.

VanEck, yang merupakan salah satu penerbit awal ETF Bitcoin spot di AS, menjadi perusahaan pertama yang mengajukan ETF yang akan mengikuti harga Solana.

"Dengan senang hati saya mengumumkan bahwa VanEck baru saja mengajukan permohonan untuk ETF Solana (ETF) PERTAMA di AS," kata Matthew Sigel, kepala penelitian aset digital di VanEck, dalam sebuah posting pada 27 Juni.

Sigel mengatakan bahwa dana baru tersebut, VanEck Solana Trust, bertujuan untuk memanfaatkan sifat desentralisasi, utilitas tinggi, dan kelayakan ekonomi Solana.

Faktor Persetujuan

Hal ini terjadi setelah persetujuan ETF spot untuk Bitcoin dan Ethereum oleh Komisi Sekuritas dan Bursa Amerika Serikat (SEC). SEC menyetujui formulir 19b-4 untuk ETF Ethereum spot bulan lalu.

Mereka juga masih perlu menyetujui pernyataan pendaftaran agar ETF tersebut dapat mulai diperdagangkan. Meskipun demikian, beberapa analis memperkirakan hal itu bisa terjadi paling cepat pada bulan Juli.

ETF Bitcoin spot sendiri telah disetujui pada bulan Januari. Ini menjadi tonggak penting yang menarik aliran masuk kumulatif lebih dari Rp 238,4 miliar (US$14,4 juta) ke produk investasi tersebut.

Ini menghasilkan lebih dari Rp 859,2 miliar (US$52 juta) dalam aset yang dikelola, menurut data dari Soso Value.

Sama seperti debut ETF Bitcoin spot yang menyebabkan lonjakan harga BTC, persetujuan potensial untuk ETF Solana spot diperkirakan akan berdampak positif pada harga SOL.

Airdrop Baru dari Zeta Markets DEX Memicu Semangat Solana

Harga SOL telah mengalami kenaikan fantastis selama setahun terakhir. Token smart contract ini telah melonjak lebih dari 780% dalam 12 bulan terakhir dan 45% year-to-date.

Sebagian besar kenaikan ini disebabkan oleh airdrop sukses yang telah menyebabkan munculnya token berbasis Solana yang populer.

Di antaranya seperti Jupiter (JUP) dan memecoin seperti Dogwifhat (WIF), Bonk (BONK), dan Book of Meme (BOME).

Baca Juga: Zeta Markets Umumkan Detail Klaim Airdrop ZEX, Simak Detailnya!

Pasar DEX berbasis Solana, Zeta Markets, yang berspesialisasi dalam perdagangan derivatif, ikut meramaikan momentum ini dengan peluncuran token asli mereka, ZEX, dan membuka klaim airdrop.

Menurut sebuah pernyataan, airdrop ini dirancang untuk memberi penghargaan kepada pengguna awal dan mendorong partisipasi jangka panjang dalam protokol.

“Kami telah mengalokasikan 2% dari pasokan token kami (20 juta ZEX) kepada mereka yang mempertaruhkan ZEX selama Genesis Epoch (berakhir pada 25 Juli).”

Tim Zeta Markets mengatakan bahwa pengguna yang memenuhi syarat memiliki waktu 90 hari untuk mengklaim alokasi airdrop mereka.

Airdrop dalam Ekosistem Solana

Munculnya airdrop dalam ekosistem Solana menunjukkan bahwa komunitas developer berkontribusi pada integritas dan kekuatan blockchain layer 1.

Akibatnya, total nilai terkunci (TVL) di Solana meningkat 120% pada tahun 2024 menjadi Rp73.232 miliar (US$4,48 miliar).

TVL yang lebih tinggi menunjukkan bahwa lebih banyak pengguna dan developer yang secara aktif terlibat dengan jaringan Solana, sehingga mencerminkan peningkatan permintaan terhadap cryptocurrency ini.

Hal ini selanjutnya meningkatkan kepercayaan investor dengan menunjukkan ketahanan dan adopsi jaringan yang terus berkembang, dan menghasilkan sentimen positif yang biasanya beralih menjadi minat beli yang lebih tinggi, mendorong harga naik.

Analisis Teknikal: SOL Berpotensi Kembali ke Rp 3,3 juta (US$200)

Grafik Harga Solana (Sumber TradingView via Cointelegraph).jpg

Analisa pergerakan harga SOL pada timeframe harian menunjukkan bahwa token ini sedang membentuk pola pemulihan berbentuk V, seperti yang ditunjukkan pada grafik di bawah ini. rata-rata pergerakan eksponensial (EMA) 20 hari di Rp 2,3 juta (US$143,5) bertindak sebagai support terdekat.

Relative Strength Index (RSI) naik menuju level 70, menunjukkan dominasi pembeli di pasar. Para bull (pembeli) sekarang fokus pada EMA 100 hari di Rp2.437.500 (US$148,5) dan, kemudian, EMA 50 hari di Rp 2,4 juta (US$150,5). Hambatan berikutnya terletak pada garis leher pola grafik yang berlaku di Rp 2,8 juta (US$176).

Penutupan candlestick harian di atas level ini akan mengkonfirmasi kelanjutan tren naik. Langkah logis berikutnya adalah ke level tertinggi kisaran 18 Maret di Rp 3,4 juta (US$209), membawa total kenaikan menjadi 42%.

Di sisi lain, kegagalan untuk bertahan di atas EMA 20 hari di Rp2.342.500 (US$143) akan menandakan ketidakmampuan pembeli untuk mempertahankan tren naik.

Jika ini terjadi, SOL bisa turun ke level terendah pola di Rp2,08 juta (US$126), membatalkan prospek bullish.

Kesimpulan

Kenaikan harga Solana hari ini didorong oleh kombinasi faktor positif. Ini termasuk prospek ETF spot SOL, airdrop baru dari Zeta Markets DEX, dan sentimen pasar yang membaik secara keseluruhan.

Analisis teknis menunjukkan bahwa SOL memiliki potensi untuk melanjutkan kenaikannya dan mencapai level Rp 3,3 juta (US$200) dalam waktu dekat.

Namun, penting untuk diingat bahwa pasar cryptocurrency selalu bergejolak, dan harga dapat berfluktuasi secara liar. Investor harus selalu melakukan riset sendiri sebelum mengambil keputusan investasi.

Cara Beli Solana (SOL) di Bittime

Kamu bisa beli dan jual Solana (SOL) dengan cara yang mudah dan aman melalui Bittime. Bittime adalah satu aplikasi kripto terbaik di Indonesia yang sudah resmi terdaftar Bappebti.

Solana (SOL) tersedia di Bittime dengan market pair SOL/IDR. Untuk bisa beli SOL IDR di Bittime pastikan kamu telah melakukan registrasi dan menyelesaikan verifikasi identitas. Selain itu, pastikan juga kalau kamu punya saldo yang cukup dengan melakukan deposit sejumlah dana ke wallet. Sekadar informasi, minimal pembelian aset di Bittime adalah Rp10.000. Setelah itu, barulah kamu bisa melakukan pembelian aset crypto di aplikasi.

Belajar Panduan lengkap cara beli Solana (SOL) di Bittime.

Pantau pergerakan grafik harga Solana (SOL), Bitcoin (BTC), Ethereum (ETH) dan kripto lainnya untuk mengetahui tren crypto market hari ini secara real-time di Bittime.

Disclaimer: Pandangan yang diungkapkan secara eksklusif milik penulis dan tidak mencerminkan pandangan platform ini. Platform ini dan afiliasinya menolak segala tanggung jawab atas keakuratan atau kesesuaian informasi yang disediakan. Ini hanya untuk tujuan informasi dan bukan merupakan saran keuangan atau investasi.

Hamster Kombat Airdrop
Staking Baru di Bittime

Blog Bittime

Prediksi Bitcoin Minggu Ini Suku Bunga The Fed, Inflasi, dan Volatilitas.webp
Prediksi Bitcoin Minggu Ini: Suku Bunga The Fed, Inflasi, dan Volatilitas

Prediksi Bitcoin minggu ini: Volatilitas tinggi menanti keputusan suku bunga The Fed. Potensi pemotongan 0,5% bisa memengaruhi harga Bitcoin dan pasar crypto.

2024-09-17Baca