The Fed Pangkas Suku Bunga di September, Apa Dampaknya di Pasar Kripto?

2024-08-03

the fed pangkas suku bunga di september - Bittime

Bittime – Ketua The Fed Amerika Serikat, Jerome Powell, baru-baru ini memberikan sinyal bahwa bank sentral siap untuk menurunkan suku bunga pada bulan September mendatang. Keputusan ini tentunya dinantikan oleh berbagai pihak, termasuk pelaku pasar kripto.

Banner 2

Penurunan Suku Bunga adalah Langkah Tepat

Dalam konferensi pers, Powell menyampaikan bahwa kondisi ekonomi saat ini "semakin mendekati" titik di mana penurunan suku bunga kebijakan menjadi langkah yang tepat. "Kami akan tetap bergantung pada data, namun tidak terpaku pada poin data tertentu," tambahnya.

Sebelumnya, sempat terjadi perdebatan mengenai kehati-hatian jika penurunan suku bunga dilakukan pada bulan Juli lalu. Namun, pada akhirnya The Fed (sebutan untuk Federal Reserve) memutuskan untuk menunggu hingga pertemuan selanjutnya. Menurut Powell, keputusan ini diambil secara bulat.

Baca Juga: Inflasi Diperkirakan Turun, Harga Bitcoin Diprediksi Naik

Potensi Tanda Pelemahan Pasar

Saat ini, bank sentral AS tersebut tengah mengamati dengan cermat potensi tanda-tanda pelemahan dalam pasar tenaga kerja. "Data secara keseluruhan menunjukkan normalisasi pasar tenaga kerja. Kami terus memantau dengan seksama agar kondisi ini tetap terjaga," ujar Powell.

Powell juga menyatakan bahwa "ada diskusi yang intens mengenai alasan untuk melakukan penurunan suku bunga pada pertemuan ini."

Keputusan untuk tidak mengejutkan pasar dengan penurunan suku bunga pada bulan Juli kemungkinan besar diambil untuk menghindari lonjakan inflasi kembali.

Penurunan Suku Bunga September 

Di sisi lain, peluang penurunan suku bunga pada bulan September kini mencapai 93,5% setelah pidato terbaru Powell yang cenderung dovish. CEO Galaxy Digital, Mike Novogratz, seperti dilansir U.Today, menyebut penurunan suku bunga sebagai katalis positif untuk Bitcoin di tahun 2024.

Powell tidak menutup kemungkinan akan ada beberapa kali penurunan suku bunga tahun ini. Namun, ia juga memperingatkan bahwa The Fed mungkin saja memutuskan untuk mempertahankan suku bunga tetap sepanjang tahun.

Baca Juga: RollerCoin: Game Mining Bitcoin yang Bisa Hasilkan Cuan

Harga Bitcoin Menurun

the fed pangkas suku bunga di september - Bittime

Sumber: Bittime

Sementara itu, harga Bitcoin justru sedang mengalami penurunan yang signifikan, jatuh di bawah level $65.000 meskipun potensi penurunan suku bunga sudah di depan mata. Penjualan aset kripto ini kembali meningkat setelah Mt. Gox memindahkan Bitcoin senilai sekitar $3,3 miliar sebelumnya.

Seperti dilihat pada grafik di atas, BTC berada di angka IDR 1.046.851.567 dengan penurunan sebesar -0,49%. 

Banner Blog.webp

Dampak Kebijakan The Fed terhadap Pasar Kripto

Keputusan The Fedmengenai suku bunga memiliki pengaruh signifikan terhadap pasar keuangan secara global, termasuk pasar kripto.

Ketika The Fed menaikkan suku bunga, hal ini umumnya berdampak negatif terhadap aset berisiko tinggi seperti kripto. Kenaikan suku bunga membuat investasi dalam aset berbunga seperti deposito bank menjadi lebih menarik, sehingga mengurangi minat investor terhadap aset berisiko.

Sebaliknya, penurunan suku bunga cenderung berdampak positif terhadap pasar kripto. Investor cenderung mencari aset dengan potensi keuntungan lebih tinggi ketika suku bunga rendah. Namun, perlu diingat bahwa faktor lain seperti sentimen pasar, perkembangan teknologi, dan regulasi juga mempengaruhi harga kripto.

Cara Beli Crypto di Bittime

Banner Daftar Bittime

Kamu bisa beli dan jual aset crypto dengan cara yang mudah dan aman melalui Bittime. Bittime adalah satu aplikasi kripto terbaik di Indonesia yang sudah resmi terdaftar Bappebti. 

Untuk bisa beli aset crypto di Bittime, pastikan kamu telah melakukan registrasi dan menyelesaikan verifikasi identitas. Selain itu, pastikan juga kalau kamu punya saldo yang cukup dengan melakukan deposit sejumlah dana ke wallet. Sekadar informasi, minimal pembelian aset di Bittime adalah Rp10.000. Setelah itu, barulah kamu bisa melakukan pembelian aset crypto di aplikasi. Belajar Panduan Lengkap Cara Beli Crypto di Bittime

Pantau pergerakan grafik harga Bitcoin (BTC)Ethereum (ETH), Solana (SOL) dan kripto lainnya untuk mengetahui tren crypto market hari ini secara real-time di Bittime.

Disclaimer: Pandangan yang diungkapkan secara eksklusif milik penulis dan tidak mencerminkan pandangan platform ini. Platform ini dan afiliasinya menolak segala tanggung jawab atas keakuratan atau kesesuaian informasi yang disediakan. Ini hanya untuk tujuan informasi dan bukan merupakan saran keuangan atau investasi.

Hamster Kombat Airdrop
Staking Baru di Bittime

Blog Bittime

Grand Combat Daily Combo 19 September 2024 Jawaban dan Strategi Terbaik.png
Grand Combat Daily Combo 19 September 2024: Jawaban dan Strategi Terbaik

Temukan jawaban dan strategi Grand Combat Daily Combo 19 September 2024 untuk meraih hadiah eksklusif dan tingkatkan kemampuan bertarungmu. Baca selengkapnya di sini!

2024-09-19Baca