Tokenomics EIGEN dan Keunggulan EigenLayer

2024-10-05

Tokenomics EIGEN dan Keunggulan EigenLayer

Bittime - Sebagai proyek yang sedang banyak mendapat sorotan, baik token EIGEN maupun proyek EigenLayer sendiri memang menawarkan fitur-fitur yang menarik.

Apakah kamu sudah paham bagaimana tokenomics EIGEN dan apa saja keunggulan dari EigenLayer?

Kalau belum, maka kamu sudah berada di artikel yang tepat.

hmstr vs cati.webp

Apa itu Token EIGEN?

Token EIGEN merupakan sebuah produk token yang dibuat berdasarkan riset yang dilakukan oleh Eigen Labs.

Token EIGEN dirancang menurut prinsip-prinsip fundamental untuk mendukung ekosistem EigenLayer sebagai pelengkap bagi restaking ETH.

Adapun restaking ETH memberikan cara untuk menghukum kesalahan yang dapat diukur secara objektif, dengan memperluas keamanan Ethereum ke protokol lain. 

Token EIGEN memperkenalkan mekanisme tambahan yang dirancang khusus untuk menangani kesalahan "intersubjektif", suatu jenis kesalahan yang tidak dapat diselesaikan hanya dengan restaking ETH. 

Kesalahan intersubjektif tersebut mengacu pada perilaku buruk yang tidak bisa diidentifikasi secara objektif di dalam rantai, namun dua atau lebih pengamat yang rasional akan sepakat bahwa hukuman terhadap suatu kesalahan atau pelanggaran memang diperlukan.

Baca Juga: Cuan GEDE! Justin Sun Withdraw 5,24 Juta Koin EIGEN dari Airdrop EigenLayer

Tokenomics EIGEN dan Alokasinya

Berdasarkan data tokenomics EIGEN yang dikutip dari icoanalytics.org di atas, total pasokan (total supply) token EIGEN adalah 1,68 miliar. 

Untuk saat ini, nilai kapitalisasi pasar (market cap) dari EIGEN mencapai $669,19 juta. 

Selain itu, valuasi dilusi penuh (fully diluted valuation), yang memperhitungkan seluruh pasokan token jika semuanya telah beredar di pasar, berada di angka $6,03 miliar.

Alokasi Token EIGEN

alokasi eigenlayer token

Berdasarkan data alokasi token EIGEN yang diperoleh dari cryptorank.io, EIGEN memiliki total pasokan token sebesar 1,68 miliar. 

Alokasi token tersebut lalu dibagi ke dalam beberapa kategori, sebagai berikut:

- Investors: Mendapat alokasi sebesar 29,5% dari total pasokan, dengan 29,3% di antaranya masih terkunci.

- Early Contributors: Mendapat alokasi sebesar 25,5%, dengan 25,3% masih terkunci.

- Community Initiatives: Menerima 15% dari total alokasi, dan seluruhnya masih terkunci.

- Ecosystem Development: Juga mendapatkan 15% dari total alokasi, yang seluruhnya masih terkunci.

- Stakedrop 1: Menerima alokasi sebesar 6,75%, dengan 6,71% sudah terbuka dan hanya sebagian kecil yang terkunci.

- Stakedrop 2: Mendapat alokasi sebesar 5,20%, dengan 5,17% di antaranya sudah terbuka.

Banner Daftar Bittime

Data alokasi di atas menunjukkan bahwa distribusi token di dalam ekosistem EIGEN dirancang untuk mendukung berbagai peran penting, seperti investor, kontributor awal, pengembangan ekosistem, dan inisiatif komunitas.

Selain itu, adanya kampanye stakedrop menunjukkan bahwa EIGEN ingin banyak orang untuk terlibat secara aktif terhadap proyek EigenLayer.

Baca Juga: Klaim Reward EIGEN Diundur hingga 15 Oktober 2024

Berbagai Keunggulan EigenLayer

logo eigenlayer

Selain membahas tokenomics EIGEN, hal yang tidak kalah penting untuk dipelajari adalah memahami apa saja yang menjadi keunggulan EigenLayer.

Berikut adalah beberapa keunggulan dari EigenLayer yang patut untuk disimak:

1. Ekstensi Keamanan Ethereum

EigenLayer memungkinkan penggunaan ulang mekanisme keamanan Ethereum melalui restaking ETH, yakni validator Ethereum bisa mempertaruhkan (stake) ulang ETH mereka untuk mengamankan protokol lain. 

Kemampuan tersebut memperluas cakupan keamanan Ethereum ke berbagai protokol tanpa memerlukan adanya lapisan keamanan tambahan.

Melalui pemanfaatan mekanisme restaking, protokol baru dapat memperoleh tingkat keamanan yang sama dengan Ethereum, meminimalisasi risiko dan memastikan bahwa kesalahan-kesalahan yang dapat diatribusikan secara objektif bisa ditangani secara efisien.

3. Penyelesaian Kesalahan Intersubjektif

EigenLayer dirancang untuk menangani kesalahan intersubjektif, yaitu kesalahan yang tidak dapat diatasi hanya dengan mekanisme restaking ETH. 

Ide inilah yang menjadi salah satu perbedaan utama EigenLayer dari sistem restaking tradisional.

Kesalahan intersubjektif adalah kesalahan yang tidak dapat terdeteksi secara on-chain (di blockchain) tetapi pengamat yang rasional sepakat bahwa tindakan tersebut perlu dihukum.

Dengan mekanisme pelengkap dari token EIGEN, kesalahan semacam ini dapat ditangani, sehingga memperkuat keamanan dan integritas ekosistem.

Baca Juga: EIGEN Buka Klaim Stakedrop Season 2

3. Isolasi dari Risiko Fork

Keunggulan EigenLayer selanjutnya adalah bahwa EigenLayer menerapkan model dua token (EIGEN dan bEIGEN) untuk memisahkan risiko terkait percabangan (fork) dari token yang digunakan di dalam aplikasi DeFi atau non-staking.

Implementasi dua token tersebut memungkinkan pemegang EIGEN yang menggunakan token mereka dalam DeFi atau aplikasi non-staking tetap aman dan tidak terganggu oleh perubahan atau fork yang mungkin terjadi pada token staking (bEIGEN). 

Staking Meme Coin di Bittime

4. Kompensasi bagi Pengguna yang Kena Serangan

Keunggulan EigenLayer yang tidak kalah menarik adalah bahwa EigenLayer dilengkapi mekanisme yang memastikan bahwa jika suatu protokol (AVS) diserang karena kesalahan dari staker EIGEN yang jahat, AVS tersebut dapat memotong (slash) token yang dipertaruhkan oleh staker jahat tersebut dan mendistribusikannya kembali ke penggunanya.

Melalui penerapan protokol ini, pengguna yang jujur di dalam sistem dapat terhindar dari kerugian yang disebabkan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab, memastikan bahwa sistem tetap aman dan adil.

5. Dukungan untuk Inisiatif dengan Pengembangan Ekosistem

Alokasi token EIGEN mendukung pertumbuhan ekosistem melalui hibah, penelitian, dan pengembangan (R&D), serta biaya operasional yang dikelola oleh Yayasan Eigen.

Adanya dedikasi 15% token untuk pengembangan ekosistem, menunjukkan komitmen EigenLayer terhadap inovasi dan pertumbuhan berkelanjutan, mendorong adopsi lebih luas dalam komunitas blockchain.

Baca Juga: Pembatasan Transfer Token EIGEN akan Dicabut

Catatan Akhir

Demikian ulasan mengenai tekonomics EIGEN dan keunggulan EigenLayer.

EigenLayer adalah platform yang memberikan keamanan lebih kuat dan fleksibilitas bagi protokol baru, sambil tetap memberikan perlindungan optimal bagi pengguna dalam berbagai skenario, terutama dalam konteks keamanan intersubjektif dan manajemen risiko.

Tingginya perhatian terhadap proyek EigenLayer beserta token EIGEN perlu disokong dengan sumber bacaan yang cukup, maka blog Bittime adalah tempatnya.

Cara Beli Crypto di Bittime

cara beli crypto di bittime

Ingin trading jual beli Bitcoin dan investasi crypto dengan mudah? Bittime siap membantu! Sebagai exchange crypto Indonesia yang terdaftar resmi di Bappebti, Bittime memastikan setiap transaksi aman dan cepat.

Mulai dengan registrasi dan verifikasi identitas, lalu lakukan deposit minimal Rp10.000. Setelah itu, kamu bisa langsung beli aset digital favoritmu!

Cek kurs BTC to IDR, ETH to IDR, SOL to IDR dan aset kripto lainnya untuk mengetahui tren crypto market hari ini secara real-time di Bittime.

Disclaimer: Pandangan yang diungkapkan secara eksklusif milik penulis dan tidak mencerminkan pandangan platform ini. Platform ini dan afiliasinya menolak segala tanggung jawab atas keakuratan atau kesesuaian informasi yang disediakan. Ini hanya untuk tujuan informasi dan bukan merupakan saran keuangan atau investasi.

Beli HMSTR di Bittime & Earn hingga 200%
Hamster Kombat Airdrop

Blog Bittime

Spell Wallet Telegram Segala yang Wajib Kamu Ketahui.webp
Spell Wallet Telegram: Segala yang Wajib Kamu Ketahui

Nah, artikel ini akan membahas segala yang harus kamu tahu tentang Spell Wallet Telegram. Simak terus untuk mengetahuinya, yuk!

2024-10-05Baca