Waspada! AI Kini Dimanfaatkan untuk Kejahatan Kripto, Elliptic Memperingatkan

2024-06-10
_Crypto crime.png

Bittime - Firma intelijen blockchain Elliptic dalam laporan terbarunya yang berjudul "Kejahatan Berbasis AI dalam Ekosistem Aset Kripto" mengungkap ancaman baru yang ditimbulkan oleh kecerdasan buatan (AI) dalam kejahatan cryptocurrency.

Laporan yang didukung studi kasus ini mengidentifikasi lima jenis kejahatan berbasis AI yang sedang berkembang, mulai dari penipuan deepfake hingga serangan siber yang didukung negara. Laporan tersebut menekankan bahwa ancaman ini masih dalam tahap awal.

AI Deepfake Digunakan untuk Penipuan Kripto

Meskipun AI berpotensi membawa transformasi signifikan bagi ekonomi global, namun teknologi ini juga memiliki risiko. Menurut Elliptic, pelaku kejahatan sudah mulai memanfaatkan AI untuk kegiatan ilegal dalam ekosistem aset kripto.

Salah satu temuan laporan tersebut adalah penggunaan AI untuk membuat deepfake. Video dan gambar yang sangat realistis ini digunakan oleh penipu untuk menyamar sebagai tokoh terkenal seperti selebriti, politisi, dan pemimpin industri agar proyek palsu mereka terlihat sah.

“Penipuan kripto giveaway dan penggandaan dana kini semakin sering menggunakan video deepfake CEO dan selebriti kripto untuk mendorong korban mengirim dana ke alamat kripto penipu,” ungkap laporan tersebut.

Laporan tersebut menyebutkan contoh spesifik deepfake yang menargetkan Ripple (XRP) dan CEO-nya, Brad Garlinghouse, terutama setelah kemenangan hukum perusahaan terhadap Komisi Sekuritas dan Bursa Amerika Serikat (SEC) pada Juli 2023. Selain itu, individu lain yang pernah menjadi target penipuan deepfake termasuk Elon Musk, mantan Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong, serta Presiden Taiwan ke-7 dan ke-8, Tsai Ing-wen dan Lai Ching-te.

Anne Neuberger, Wakil Penasihat Keamanan Nasional untuk Teknologi Siber dan Teknologi Baru Amerika Serikat, turut menyoroti kekhawatiran yang meningkat tentang penyalahgunaan AI. Ia menekankan bahwa AI tidak hanya digunakan untuk penipuan sehari-hari, tetapi juga untuk kegiatan kriminal yang lebih canggih.

“Beberapa aktor negara-bangsa dan pelaku kriminal Korea Utara serta negara lainnya telah terlihat mencoba menggunakan model AI untuk mempercepat pembuatan perangkat lunak berbahaya dan mengidentifikasi sistem yang rentan,” ujar Neuberger.

Token GPT dan Aktivitas di Web Gelap

Hype seputar AI juga memicu pembuatan token bertema GPT, yang sering dipromosikan dengan janji keuntungan tinggi. Elliptic memperingatkan bahwa meskipun beberapa token tersebut mungkin sah, banyak yang dipromosikan di forum perdagangan amatir dengan klaim palsu tentang hubungan resmi dengan perusahaan AI seperti ChatGPT.

Laporan tersebut juga mengungkap diskusi di forum web gelap tentang pemanfaatan model AI untuk merekayasa balik seed phrase dompet kripto dan melewati autentikasi untuk berbagai layanan.

“Di berbagai forum kejahatan siber web gelap, Elliptic telah mengidentifikasi diskusi yang membahas penggunaan model Large Language Model (LLM) untuk merekayasa balik seed phrase dompet kripto, melewati autentikasi untuk layanan seperti OnlyFans, dan menyediakan alternatif untuk layanan manipulasi pengungkapan gambar seperti DeepNude,” ungkap laporan itu.

Elliptic juga menyatakan bahwa sebagian besar ancaman terkait AI di sektor cryptocurrency masih dalam tahap awal. Hal ini semakin menegaskan pentingnya kewaspadaan dan langkah proaktif untuk mengatasi bentuk-bentuk baru kejahatan kripto yang sedang berkembang.

Cara Beli Crypto di Bittime

Kamu bisa beli dan jual aset crypto dengan cara yang mudah dan aman melalui Bittime. Bittime adalah satu aplikasi kripto terbaik di Indonesia yang sudah resmi terdaftar Bappebti.

Untuk bisa beli aset crypto di Bittime, pastikan kamu telah melakukan registrasi dan menyelesaikan verifikasi identitas. Selain itu, pastikan juga kalau kamu punya saldo yang cukup dengan melakukan deposit sejumlah dana ke wallet. Sekadar informasi, minimal pembelian aset di Bittime adalah Rp10.000. Setelah itu, barulah kamu bisa melakukan pembelian aset crypto di aplikasi.

Pantau pergerakan grafik harga Bitcoin (BTC), Ethereum (ETH), Solana (SOL) dan kripto lainnya untuk mengetahui tren crypto market hari ini secara real-time di Bittime.

Disclaimer: Pandangan yang diungkapkan secara eksklusif milik penulis dan tidak mencerminkan pandangan platform ini. Platform ini dan afiliasinya menolak segala tanggung jawab atas keakuratan atau kesesuaian informasi yang disediakan. Ini hanya untuk tujuan informasi dan bukan merupakan saran keuangan atau investasi.

Hamster Kombat Airdrop
Staking Baru di Bittime

Blog Bittime

Hamster Kombat Daily Combo 19 September 2024, Klaim 5 Juta Koin!.webp
Hamster Kombat Daily Combo 19 September 2024, Klaim 5 Juta Koin!

Segera merapat, ini dia bocoran Hamster Kombat Daily Combo 19 September 2024! Apa saja kartu combo untuk hari ini? Langsung saja, ayo baca artikel ini!

2024-09-18Baca