ETH Staking vs Mining: Mana yang Lebih Menguntungkan?

2024-06-08
ETH Staking vs Mining: Mana yang Lebih Menguntungkan?

Bittime - Pelajari tentang staking Ethereum, proses di mana pemilik Ethereum dapat mendukung keamanan jaringan dan menghasilkan keuntungan pasif. Temukan juga keuntungan lainnya, risiko, mining dan elemen tokenomics yang terkait dengan staking Ethereum. Untuk lebih jelasnya simak artikel ini!

Apa Itu ETH Staking?

Ethereum adalah blockchain Layer1 terbesar dan paling terdesentralisasi di dunia. Jaringan ini memungkinkan pembuatan aplikasi, penyimpanan aset, transaksi, dan komunikasi tanpa pengawasan otoritas pusat. Tujuan Ethereum adalah untuk membangun masa depan digital yang kuat di seluruh dunia.

Node yang dipilih menangani transaksi dalam sebuah blok. Kemudian, blok tersebut dikirim ke node lain untuk memverifikasi validitasnya dan menambahkannya ke blockchain yang disimpan jika memang demikian. Jumlah validator yang ada di jaringan, saldo efektif validator, dan total ether yang dipertaruhkan di jaringan dihitung untuk memberikan hadiah kepada node yang dipilih secara acak.

Keuntungan yang Didapat dari ETH Staking

Staking Ethereum memungkinkan pengguna menghasilkan uang secara otomatis dengan menggunakan Ethereum yang dimiliki. Hadiah diberikan secara teratur dan dapat meningkat jika nilai pasar Ethereum meningkat. Jumlah hadiah yang diberikan bergantung pada jumlah ETH yang berhasil dipertaruhkan, lamanya mempertaruhkan, dan jumlah aktivitas di jaringan.

Staking Ethereum mendorong validator untuk bersikap adil, meningkatkan keamanan jaringan. Selain itu, ini membuka pintu bagi siapa pun untuk berpartisipasi dalam proses konsensus jaringan Ethereum, yang memungkinkan pengguna untuk berpartisipasi dalam staking dengan sejumlah kecil ETH.

Seperti Apa Resiko Staking ETH?

Staking ETH memiliki konsekuensi finansial, masalah teknis dan pemeliharaan peralatan, dan risiko likuiditas dan volatilitas. Harga ETH dapat turun atau validator gagal berfungsi karena kesalahan, kesalahan, atau peretasan, sehingga pengguna kehilangan sebagian investasi. ETH yang pengguna staking akan dikunci selama periode staking, dan pengguna tidak akan dapat mengaksesnya. Jika pengguna menolak untuk memilih atau berperilaku jahat, itu dapat didenda atau kehilangan ETH yang sudah dipertaruhkan.

Bagaimana Tokenomic Staking ETH?

ETH tidak memiliki pasokan tertinggi saat ini, penerbitan tahunan berkisar antara 0,5% dan 1%, hal itu tergantung pada berapa banyak ETH yang dipertaruhkan. Ethereum memiliki mekanisme pembakaran yang mengurangi biaya transaksi dasar. Penerbitan ini dapat menyebabkan deflasi tokennomics jika aktivitas jaringan tetap tinggi karena merupakan penerbitan negatif bagi protokol.

Apa Itu Mining ETH?

Mining Ethereum adalah proses pemecahan teka-teki matematika kompleks yang dikenal sebagai proof of work (PoW) untuk menambahkan transaksi ke blockchain Ethereum. Proses ini juga menciptakan blok baru yang berisi transaksi, yang memungkinkan miner untuk memperoleh imbalan dalam bentuk Ether.

Kesimpulan

Ethereum, blockchain Layer1 terbesar, menawarkan platform yang desentralisasi yang memungkinkan aplikasi, transaksi, dan penyimpanan aset tanpa adanya komando sentral. Dengan mempertaruhkan ETH mereka dan berpartisipasi dalam proses konsensus jaringan, pengguna dalam ekosistem ini dapat secara otomatis menghasilkan uang. Keuntungan dari staking adalah peningkatan keamanan jaringan dan imbalan rutin. Tetapi para staker juga harus memperhitungkan risiko teknis, finansial, dan volatilitas.

Staking ETH meningkatkan keamanan dan desentralisasi jaringan dengan meningkatkan partisipasi validator. Mekanisme pembakaran tokenomics ETH dapat menyebabkan deflasi karena pasokan berkurang saat aktivitas jaringan tinggi. Staking menggunakan mekanisme yang lebih hemat biaya dan ramah lingkungan dibandingkan dengan mining yang menggunakan bukti kerja.

Secara keseluruhan, staking Ethereum adalah metode yang efektif dan terdesentralisasi untuk mendukung jaringan dan menghasilkan imbalan, tetapi para pengguna harus mengelola risikonya.

Cara Beli Crypto di Bittime

Kamu bisa beli dan jual aset crypto dengan cara yang mudah dan aman melalui Bittime. Bittime adalah satu aplikasi kripto terbaik di Indonesia yang sudah resmi terdaftar Bappebti.

Untuk bisa beli aset crypto di Bittime, pastikan kamu telah melakukan registrasi dan menyelesaikan verifikasi identitas. Selain itu, pastikan juga kalau kamu punya saldo yang cukup dengan melakukan deposit sejumlah dana ke wallet. Sekadar informasi, minimal pembelian aset di Bittime adalah Rp10.000. Setelah itu, barulah kamu bisa melakukan pembelian aset crypto di aplikasi.

Pantau pergerakan grafik harga Bitcoin (BTC), Ethereum (ETH), Solana (SOL) dan kripto lainnya untuk mengetahui tren crypto market hari ini secara real-time di Bittime.

Disclaimer: Pandangan yang diungkapkan secara eksklusif milik penulis dan tidak mencerminkan pandangan platform ini. Platform ini dan afiliasinya menolak segala tanggung jawab atas keakuratan atau kesesuaian informasi yang disediakan. Ini hanya untuk tujuan informasi dan bukan merupakan saran keuangan atau investasi.

Hamster Kombat Airdrop
Staking Baru di Bittime

Blog Bittime

Cara Withdraw Hamster Kombat ke Bittime dari Wallet Telegram
Cara Withdraw Hamster Kombat ke Bittime dari Wallet Telegram

Hamster Kombat akan listing koin HMSTR sebentar lagi. Di saat listing ini biasanya pemain mulai mencairkan. Bagaimana cara mencairkan Hamster Kombat?

2024-09-17Baca