Analisa Bitcoin Hari Ini: Tembus $58K, Akankah Harga BTC Terus Anjlok?

2024-07-04

Analisa Bitcoin Hari Ini Tembus $58K, Akankah Harga BTC Terus Anjlok.png

BittimeAnalisa Bitcoin hari ini menunjukkan bahwa Bitcoin gagal memulai kenaikan baru di atas batas resistensi $62,850. Sebaliknya, Bitcoin mengalami penurunan signifikan, turun 5% hingga menembus $58,000.

Tren Bearish Mendominasi Bitcoin

Bitcoin kesulitan untuk memulai pemulihan yang layak di atas level resistensi $62,850. Tren bearish mendominasi dan mendorong Bitcoin di bawah area dukungan $61,200. Harga kemudian turun drastis di bawah level $60,000, bahkan sempat menembus level $58,000. Titik terendah tercatat di $57,890, dan saat ini harga sedang mengkonsolidasikan kerugian tersebut.

Harga Bitcoin saat ini diperdagangkan di bawah $61,500 dengan rata-rata pergerakan 100 jam. Selain itu, dalam analisa Bitcoin hari ini terbentuk garis tren bearish penghubung dengan resistensi di $60,000 pada grafik jam pasangan BTC/USD.

Harga dapat menghadapi resistensi di dekat level $60,000 dan garis tren jika ada kenaikan yang layak. Resistensi utama pertama akan berada di dekat level $60,850, dan level retracement Fib setengah dari pergerakan akan turun dari swing high $63,798 ke level terendah $57,890.

Screenshot_3.png

Resistensi utama berikutnya adalah $61,500. Pergerakan yang jelas di atas resistensi $61,500 mungkin memulai kenaikan yang stabil dan membuat harga lebih tinggi. Dalam situasi seperti itu, harga mungkin naik dan menguji resistensi $62,250. Kenaikan lebih lanjut mungkin mengirim BTC menuju resistensi $63,500 dalam waktu dekat.

Akankah Bitcoin Turun Lebih Dalam?

Jika Bitcoin gagal naik di atas zona resistensi $60,000, ada kemungkinan Bitcoin akan terus turun. Support langsung di bawahnya berada di dekat level $58,250.

Kerugian lebih lanjut mungkin membawa harga ke zona dukungan $56,500 dalam waktu dekat; dukungan besar pertama adalah $58.000, dan dukungan berikutnya sekarang terbentuk di dekat $57,800.

Perusahaan analisis blockchain Glassnode mengungkapkan dalam sebuah postingan di X bagaimana BTC berada dalam situasi unik.

Screenshot_5.png

Pemegang Bitcoin merah jangka pendek | Sumber: @glassnode melalui X

Bitcoin telah mencatat kenaikan lebih dari seratus persen selama setahun terakhir, menempatkannya dalam zona aman. Namun, data menunjukkan bahwa banyak pemegang jangka pendek (STH), terutama pedagang dan spekulan, kini berada dalam tekanan. STH adalah entitas atau alamat yang membeli koin dalam 155 hari terakhir atau sebelum akhir tahun 2023.

Selama periode ini, harga Bitcoin telah mencapai titik tertinggi sepanjang masa. Para spekulan memperkirakan harga akan terus naik, namun kenyataannya berbeda. Setelah menembus $70,000 dan kemudian naik ke $73,800, harga Bitcoin turun tajam.

Pada pertengahan Mei, harga Bitcoin sempat merosot ke $56,800 sebelum melonjak kembali ke sekitar $71,500. Meskipun begitu, pembeli tidak mampu menembus level $72,000 yang dipantau ketat oleh para pedagang, menunjukkan bahwa penjual mendominasi pasar saat itu.

Glassnode menyebutkan bahwa meskipun STH mengalami tekanan, hanya mereka yang membeli dan HODL yang mendapatkan keuntungan selama setahun terakhir. Dengan lonjakan harga dua kali lipat selama dua belas bulan sebelumnya, Bitcoin secara teknis berada dalam tren naik, sesuai dengan keuntungan dari paruh kedua tahun 2023.

Bitcoin telah mengalami kenaikan signifikan selama setahun terakhir, tetapi fluktuasi harga yang tajam menimbulkan tekanan bagi pemegang jangka pendek. Dengan tekanan bearish saat ini dan tantangan untuk menembus resistensi utama, Bitcoin mungkin menghadapi penurunan lebih lanjut jika tidak ada pemulihan signifikan. Kepercayaan investor dan kestabilan hukum akan menjadi faktor kunci dalam pergerakan harga di masa depan.

Cari tahu lebih banyak tentang dunia cryptocurrency, termasuk berita terkini, proyek terbaru, hingga analisis ahli dalam Bittime Blog. 

Cara Beli Crypto di Bittime

20240704-142719.jpg

Kamu bisa beli dan jual aset crypto dengan cara yang mudah dan aman melalui Bittime. Bittime adalah satu aplikasi kripto terbaik di Indonesia yang sudah resmi terdaftar Bappebti. 

Untuk bisa beli aset crypto di Bittime, pastikan kamu telah melakukan registrasi dan menyelesaikan verifikasi identitas. Selain itu, pastikan juga kalau kamu punya saldo yang cukup dengan melakukan deposit sejumlah dana ke wallet. Sekadar informasi, minimal pembelian aset di Bittime adalah Rp10.000. Setelah itu, barulah kamu bisa melakukan pembelian aset crypto di aplikasi. Belajar Panduan Lengkap Cara Beli Crypto di Bittime

Pantau pergerakan grafik harga Bitcoin (BTC)Ethereum (ETH), Solana (SOL) dan kripto lainnya untuk mengetahui tren crypto market hari ini secara real-time di Bittime.

Disclaimer: Pandangan yang diungkapkan secara eksklusif milik penulis dan tidak mencerminkan pandangan platform ini. Platform ini dan afiliasinya menolak segala tanggung jawab atas keakuratan atau kesesuaian informasi yang disediakan. Ini hanya untuk tujuan informasi dan bukan merupakan saran keuangan atau investasi.

Beli HMSTR di Bittime & Earn hingga 200%
Hamster Kombat Airdrop

Blog Bittime

ETHBTC Turun Mencapai Level Terendah Sejak April 2021, Apa Artinya.webp
ETH/BTC Turun Mencapai Level Terendah Sejak April 2021, Apa Artinya?

ETH/BTC turun mencapai level terendah sejak bulan April 2021. Apa artinya bagi pasar kripto saat ini? Simak penjelasan lengkapnya di artikel ini.

2024-09-17Baca