Apakah Eropa Bisa Atasi Sinyal Penghapusan Tether untuk USDT?

2024-06-24
Apakah Eropa Bisa Atasi Sinyal Penghapusan Tether untuk USDT?

Bittime - Uphold mengumumkan penghapusan Tether dan lima stablecoin lainnya menjelang implementasi peraturan ketat MiCA Uni Eropa. Artikel membahas dampak dominasi USDT dan USDC serta implikasi peraturan terhadap pasar kripto global.

Uphold Umumkan Penghapusan Tether?

Pertukaran cryptocurrency terkenal di New York, Uphold, mengumumkan penghapusan enam stablecoin sebagai tanggapan terhadap peraturan MiCA yang akan datang di Uni Eropa. Ini termasuk kelompok Tether (USDT) terbesar.

Peraturan Pasar dalam Aset Kripto (MiCA), yang akan berlaku penuh pada tanggal 30 Juni 2024, mendukung keputusan ini. Sangat ketatnya peraturan ini membuat semua aset digital harus mematuhinya. Namun, hal ini menimbulkan kekhawatiran mengenai prospek USDT di wilayah tersebut.

Ada Apa dengan Rezim MiCA dan Tether (USDT)?

Karena dominasi USDC dan USDT di bursa terpusat, efek jangka pendek dapat menyebabkan dislokasi pasar likuiditas dan perdagangan, kata Tim Wang. Eksekutif Elixir mengatakan bahwa solusi jangka menengah mungkin diperlukan dalam kasus Uni Eropa memutuskan untuk tidak lagi berpartisipasi dalam memfasilitasi pasar kripto.

Selain itu, Wang menyatakan bahwa karena stablecoin Euro tidak mendapatkan adopsi yang signifikan, aset yang didukung dolar AS dan stablecoin tetap menjadi opsi jaminan utama di pasar kripto. Salah satu ciri utama MiCA adalah dukungan 1:1 terhadap stablecoin berbasis fiat dengan cadangan cair, pemisahan aset cadangan sesuai kebutuhan serta larangan algoritmik stablecoin.

Peraturan UE MiCA Berfungsi Sebagai Model Undang-Undang Kripto di Negara Lain

Peraturan UE MiCA yang akan datang dapat berfungsi sebagai model untuk undang-undang kripto di negara lain, seperti AS. Namun, peraturan yang berkaitan dengan stablecoin mungkin tidak sama pentingnya. Wang berpendapat bahwa peraturan stablecoin akan menjadi lebih kompleks karena "hegemoni stablecoin" akan menjadi subjek politik yang kontroversial, seperti yang disebutkan oleh mantan presiden.

Kesimpulan

Sebagai tanggapan terhadap peraturan ketat MiCA Uni Eropa yang akan berlaku pada 30 Juni 2024, Uphold mengumumkan penghapusan Tether dan lima stablecoin lainnya. MiCA menekankan pentingnya kepatuhan regulasi dalam pasar kripto global dengan mewajibkan stablecoin berbasis fiat untuk memiliki cadangan cair 1:1 dan melarang penggunaan algoritma stabilisasi nilai. Sementara, dominasi mata uang USDT dan USDC dapat mengalami gangguan, yang dapat berdampak pada likuiditas dan dinamika perdagangan.

Cara Beli Crypto di Bittime

Kamu bisa beli dan jual aset crypto dengan cara yang mudah dan aman melalui Bittime. Bittime adalah satu aplikasi kripto terbaik di Indonesia yang sudah resmi terdaftar Bappebti.

Untuk bisa beli aset crypto di Bittime, pastikan kamu telah melakukan registrasi dan menyelesaikan verifikasi identitas. Selain itu, pastikan juga kalau kamu punya saldo yang cukup dengan melakukan deposit sejumlah dana ke wallet. Sekadar informasi, minimal pembelian aset di Bittime adalah Rp10.000. Setelah itu, barulah kamu bisa melakukan pembelian aset crypto di aplikasi.

Pantau pergerakan grafik harga Bitcoin (BTC), Ethereum (ETH), Solana (SOL) dan kripto lainnya untuk mengetahui tren crypto market hari ini secara real-time di Bittime.

Disclaimer: Pandangan yang diungkapkan secara eksklusif milik penulis dan tidak mencerminkan pandangan platform ini. Platform ini dan afiliasinya menolak segala tanggung jawab atas keakuratan atau kesesuaian informasi yang disediakan. Ini hanya untuk tujuan informasi dan bukan merupakan saran keuangan atau investasi.

Hamster Kombat Airdrop
Staking Baru di Bittime

Blog Bittime

X Empire Tambah Skin Baru, Cek di Sini Tampilannya!.webp
X Empire Tambah Skin Baru, Cek di Sini Tampilannya!

X Empire baru saja meluncurkan skin baru yang menarik, termasuk Feather Chief, Big Boss, dan Granny. Cek tampilannya dan tingkatkan pengalaman bermainmu!

2024-09-19Baca