Berita Bitcoin Dominance Terbaru: Sentuh 56% Apa Artinya Bagi Pasar?

2024-08-22

Berita Bitcoin Dominance Terbaru Sentuh 56% Apa Artinya Bagi Pasar.webp

BittimeBitcoin (BTC) terus mendominasi pasar cryptocurrency, menyumbang lebih dari setengah dari kapitalisasi pasar kripto global sebesar $2,1 triliun. 

Menurut platform analisis on-chain Glassnode, sejak pasar kripto mencapai titik terendah siklus pada November 2022, dominasi BTC telah tumbuh dari 38% menjadi 56%.

banner staking coin.webp

Di sisi lain, dominasi Ethereum (ETH) tetap relatif datar dalam dua tahun terakhir sementara altcoin juga kehilangan 6,5% dari pangsa pasar mereka.

Pemegang Jangka Panjang Mendorong Dominasi Bitcoin 

Chart Bitcoin Dominance.webp

Sumber: AMBCrypto

Menurut Glassnode, pertumbuhan Bitcoin terjadi di tengah peningkatan aliran masuk modal menuju aset tersebut karena pemegang jangka panjang menunjukkan tangan berlian.

Baca juga: Analis Pertanyakan Pasokan 21 Juta Bitcoin (BTC), Benarkah Bisa Diubah?

Pasokan Bitcoin di antara para pedagang ini telah meningkat secara signifikan. Laporan tersebut mencatat bahwa sebagian besar pedagang ini menjadi pemegang jangka panjang setelah membeli BTC di dekat titik tertinggi sepanjang masa bulan Maret.

"Meskipun aksi harga yang bergelombang dan berombak, tekad Pemegang Jangka Panjang tetap teguh, dengan preferensi yang jelas untuk HODL dan memperoleh koin," kata Glassnode.

Banner Blog.webp

 

Pemegang ini duduk di atas keuntungan sekitar $138 juta per hari. Hal ini meningkatkan risiko sell-side, tetapi aktivitas profit-taking telah mendingin.

Pengamatan ini semakin diperkuat oleh data CryptoQuant yang menunjukkan bahwa setelah aktivitas profit-taking yang intens oleh paus pada bulan Mei dan Juli, Rasio Paus Pertukaran kini turun.

Selain itu, pembeli tampaknya menyerap koin yang terjual, menjelaskan mengapa harga Bitcoin telah berkisar dalam beberapa bulan terakhir sejak turun dari ATH-nya.

Baca juga: BTC Rebound ke Harga $65,000 Segera Terjadi!

Pemegang Jangka Pendek Menyebabkan Penurunan $50K 

Glassnode juga berpendapat bahwa "reaksi berlebihan" oleh pemegang jangka pendek memicu penurunan Bitcoin di bawah $50.000 awal bulan ini.

Rasio Nilai Pasar terhadap Nilai Terealisasi (MVRV) pemegang jangka pendek berada di bawah 1, menunjukkan bahwa investor ini duduk di atas kerugian yang belum direalisasi. Rasio ini telah berada di bawah titik keseimbangan dalam 30 hari terakhir.

Tidak seperti pemegang jangka panjang, pemegang Bitcoin jangka pendek jauh lebih reaktif terhadap pergerakan harga, dengan tanggapan mereka di belakang puncak atau dasar lokal menurut Glassnode. Inilah yang terjadi pada tanggal 5 Agustus ketika BTC jatuh ke level terendah multi-bulan pada $49.000.

Banner 2

Jika investor ini tetap rugi di bawah $59.000 untuk jangka waktu yang lama, analis mengatakan hal ini akan meningkatkan kemungkinan kepanikan pasar dan momentum bearish yang parah.

Sebuah pandangan pada perdagangan leverage menunjukkan pergeseran sedikit ke sisi bullish. Rasio panjang/pendek pada Coinglass menunjukkan peningkatan bertahap dalam posisi panjang sejak 18 Agustus.

Cara Beli Crypto di Bittime

cara beli crypto di bittime

Kamu bisa beli dan jual aset crypto dengan cara yang mudah dan aman melalui Bittime. Bittime adalah satu aplikasi kripto terbaik di Indonesia yang sudah resmi terdaftar Bappebti. 

Untuk bisa beli aset crypto di Bittime, pastikan kamu telah melakukan registrasi dan menyelesaikan verifikasi identitas. Selain itu, pastikan juga kalau kamu punya saldo yang cukup dengan melakukan deposit sejumlah dana ke wallet. Sekadar informasi, minimal pembelian aset di Bittime adalah Rp10.000. Setelah itu, barulah kamu bisa melakukan pembelian aset crypto di aplikasi. Belajar Panduan Lengkap Cara Beli Crypto di Bittime

Pantau pergerakan grafik harga Bitcoin (BTC)Ethereum (ETH), Solana (SOL) dan kripto lainnya untuk mengetahui tren crypto market hari ini secara real-time di Bittime.

Disclaimer: Pandangan yang diungkapkan secara eksklusif milik penulis dan tidak mencerminkan pandangan platform ini. Platform ini dan afiliasinya menolak segala tanggung jawab atas keakuratan atau kesesuaian informasi yang disediakan. Ini hanya untuk tujuan informasi dan bukan merupakan saran keuangan atau investasi.

Hamster Kombat Airdrop
Staking Baru di Bittime

Blog Bittime

Prediksi Bitcoin Minggu Ini Suku Bunga The Fed, Inflasi, dan Volatilitas.webp
Prediksi Bitcoin Minggu Ini: Suku Bunga The Fed, Inflasi, dan Volatilitas

Prediksi Bitcoin minggu ini: Volatilitas tinggi menanti keputusan suku bunga The Fed. Potensi pemotongan 0,5% bisa memengaruhi harga Bitcoin dan pasar crypto.

2024-09-17Baca