Bitgert (BRISE): Segala yang Wajib Kamu Ketahui

2024-07-29

Bitgert (BRISE) Segala yang Wajib Kamu Ketahui.webp

BittimeBitgert, sebuah proyek blockchain yang kontroversial, menarik perhatian pada akhir 2022 selama kejatuhan FTX. Proyek ini dikenal dengan klaim berani tentang blockchain berkecepatan tinggi dan bebas biaya. Namun, setelah mendapatkan perhatian awal, proyek ini bersama tokennya, BRISE, mulai meredup.

banner staking coin.webp

Apa Itu Bitgert?

Bitgert adalah organisasi rekayasa kripto yang mengembangkan serangkaian produk berbasis blockchain, termasuk bursa kripto, pasar peer-to-peer, platform pembayaran, dan bahkan pasar real estate. Organisasi ini mengklaim bertujuan untuk berinovasi dan menyelesaikan masalah menggunakan teknologi blockchain untuk meningkatkan kualitas hidup penggunanya.

Meskipun tim Bitgert mengklaim memiliki lebih dari 600.000 pengguna, ekosistem produknya tampaknya hampir tidak digunakan sama sekali, yang menimbulkan pertanyaan: apakah Bitgert merupakan scam?

Cek Market Crypto Hari Ini:

Teknologi Blockchain Bitgert

Ekosistem Bitgert saat ini berbasis pada BNB Chain, namun mereka telah mengembangkan blockchain mereka sendiri yang diklaim dapat menangani lebih dari 100.000 transaksi per detik tanpa biaya transaksi. Bitgert mengklaim blockchainnya telah memproses lebih dari 25 juta transaksi pada Mei 2024 dan memiliki lebih dari 600.000 pengguna.

Bitgert pertama kali diluncurkan sebagai aplikasi di BSC pada Juli 2021 dengan nama Bitrise. Pada Desember 2021, Bitrise berganti nama menjadi Bitgert, tetapi perubahan ini tidak mempengaruhi token atau tickernya.

Pada Februari 2022, Bitgert meluncurkan jaringan blockchainnya sendiri dengan mekanisme validasi "proof of authority" (PoA). Jaringan baru ini dikenal sebagai Bitgert atau Brise Chain. Proyek ini mempromosikan dirinya sebagai platform tanpa biaya gas dan kemampuan untuk memproses hingga 100.000 transaksi per detik (TPS). Jika klaim ini benar, Bitgert akan menjadi salah satu blockchain tercepat, di belakang TON Network dan Aptos yang mendukung 104.000 dan 160.000 TPS masing-masing.

Banner Blog.webp

Token BRISE

BRISE adalah cryptocurrency asli dari Bitgert Chain. Token ini awalnya diluncurkan di BNB Chain ketika Bitgert (saat itu dikenal sebagai Bitrise) masih berupa aplikasi blockchain. Setelah Bitgert meluncurkan blockchainnya sendiri, BRISE diterbitkan sebagai cryptocurrency asli di jaringan tersebut dan juga tersedia di Ethereum.

Bitgert telah mengimplementasikan program pembelian kembali di mana mereka membeli token BRISE berbasis BSC dan membakarnya. Tampaknya proyek ini pada akhirnya akan menggantikan seluruh suplai BRISE berbasis BSC dengan versi BRISE asli dari Bitgert Chain.

BRISE dapat digunakan untuk staking dan membayar biaya gas kecil di Bitgert Chain. Token ini juga dapat digunakan dalam dApps yang terhubung ke platform, seperti bursa Bitgert atau pasar peer-to-peer. Staking BRISE dimungkinkan di BSC dan Bitgert Chain, dan stakers dapat memperoleh reward BUSD, meskipun tidak jelas dari mana asal reward staking ini dan apakah mekanisme staking ini berkelanjutan dalam jangka panjang. Setiap transaksi dengan token BRISE dikenakan pajak otomatis sebesar 12% yang kembali ke proyek.

Kontroversi dan Spekulasi

Bitgert telah menjadi subjek kontroversi dan spekulasi online, terutama mengenai identitas para pendirinya, audit yang telah dilakukan, desentralisasi, dan pengumuman amalnya. Proyek ini mengklaim menawarkan biaya hampir nol dan kecepatan hingga 100.000 transaksi per detik, yang menimbulkan kecurigaan di kalangan analis dan investor. Jika kemampuan blockchain yang diklaim benar, mengapa tidak lebih banyak digunakan oleh para penggemar kripto?

Identitas pendiri Bitgert tetap tidak diketahui bertahun-tahun setelah peluncuran blockchainnya. Ini memunculkan spekulasi bahwa tim di balik proyek ini menggunakan identitas palsu. Situs web proyek sebelumnya menampilkan halaman "Tim Kami" dengan nama-nama yang tidak dapat dirujuk ke mana pun. Halaman ini sejak saat itu telah dihapus sepenuhnya.

Proyek ini juga mendapat sorotan karena audit platformnya yang dilakukan oleh tim Bitgert sendiri. Tim memberikan diri mereka peringkat keamanan 98%, yang menimbulkan kekhawatiran tentang transparansi dan keamanan platform. Whitepaper yang menjelaskan proyek ini penuh dengan kesalahan tata bahasa, dengan rincian proyek tampaknya disimpan ambigu sepanjang. Selain itu, Bitgert telah mengumumkan rencana untuk mendonasikan ke amal tetapi tidak memberikan rincian tentang amal tersebut atau rencana donasinya, yang semakin menambah keraguan tentang legitimasi proyek ini.

Baca Juga Cara Beli Crypto:

Apakah Bitgert Investasi yang Baik?

Sulit untuk mengatakan apakah Bitgert atau token proyek BRISE merupakan investasi yang baik. Harga token BRISE sangat rendah, berada di angka $US0.0000001512 per 3 Mei 2024. Namun, suplai maksimum token mencapai lebih dari 400 triliun token, dengan valuasi penuh sebesar $US65 juta. Artinya, untuk token BRISE bisa dua kali lipat, valuasi proyek perlu meningkat sebesar $US65 juta.

Token BRISE sebelumnya mencapai harga tertinggi sepanjang masa sebesar $US0.00000184, sehingga kenaikan dari harga saat ini bukanlah hal yang mustahil. Proyek ini memanfaatkan pemasaran dengan baik dan menarik investor dengan harga token yang rendah dan klaim berani. Namun, untuk proyek dengan pengguna terbatas dan legitimasi yang dipertanyakan, kemungkinan kenaikannya secara substansial rendah.

Cara Beli Crypto di Bittime

Banner Daftar Bittime

Kamu bisa beli dan jual aset crypto dengan cara yang mudah dan aman melalui Bittime. Bittime adalah satu aplikasi kripto terbaik di Indonesia yang sudah resmi terdaftar Bappebti. 

Untuk bisa beli aset crypto di Bittime, pastikan kamu telah melakukan registrasi dan menyelesaikan verifikasi identitas. Selain itu, pastikan juga kalau kamu punya saldo yang cukup dengan melakukan deposit sejumlah dana ke wallet. Sekadar informasi, minimal pembelian aset di Bittime adalah Rp10.000. Setelah itu, barulah kamu bisa melakukan pembelian aset crypto di aplikasi. Belajar Panduan Lengkap Cara Beli Crypto di Bittime

Pantau pergerakan grafik harga Bitcoin (BTC)Ethereum (ETH), Solana (SOL) dan kripto lainnya untuk mengetahui tren crypto market hari ini secara real-time di Bittime.

Disclaimer: Pandangan yang diungkapkan secara eksklusif milik penulis dan tidak mencerminkan pandangan platform ini. Platform ini dan afiliasinya menolak segala tanggung jawab atas keakuratan atau kesesuaian informasi yang disediakan. Ini hanya untuk tujuan informasi dan bukan merupakan saran keuangan atau investasi.

Lucky Draw Rp15 Juta
Staking Memecoin Di Bittime

Blog Bittime

Apa itu Koin deBridge (DBR).webp
Apa itu Koin deBridge (DBR)? Solusi Interoperabilitas Cross-Chain!

deBridge (DBR) hadir untuk mengatasi masalah interoperabilitas cross-chain. Apa itu koin deBridge (DBR)? Baca artikel ini untuk mengetahui selengkapnya!

2024-10-18Baca