Mantan CEO Mt. Gox Akan Luncurkan EllipX, Bursa Kripto Baru Bulan Ini

2024-09-04

Mantan CEO Mt. Gox Akan Luncurkan EllipX, Bursa Kripto Baru Bulan Ini

Bittime - Mark Karpeles, mantan CEO bursa kripto Mt. Gox, berencana meluncurkan bursa kripto barunya bulan ini dengan fokus pada transparansi dan kemudahan pengguna. Platform yang akan datang, bernama EllipX, akan diluncurkan di Eropa akhir bulan ini dengan basisnya di Polandia. 

"Mt. Gox berbasis di Polandia, jadi saya mengenalinya [dengan baik] sebagai sebuah negara," kata Karpeles, menambahkan bahwa bursa baru tersebut saat ini sedang bekerja untuk mematuhi MiCA. Karpeles akan mengawasi aspek teknis EllipX sebagai chief technology officer.

Banner 2

EllipX akan Fokus pada Transparansi

Mantan kepala Mt. Gox tersebut mengatakan EllipX akan fokus pada memastikan transparansi bagi konsumen, terutama pendatang baru di dunia kripto. "Jika Anda melihat 100 bursa teratas, beberapa yang pertama akan menjadi yang sangat besar seperti Binance, Coinbase ... Tetapi ketika Anda turun dalam daftar setelah lima, enam nama, Anda bahkan tidak akan tahu perusahaan mana yang menjalankan bursa tersebut," kata Karpeles.

Untuk menjamin transparansi pada platform tersebut, Karpeles berencana memisahkan badan kerja yang berbeda dari platform perdagangan tersebut. "Karena biasanya, sebuah bursa saat ini melakukan baik sisi broker yang berurusan dengan pelanggan, dan sisi pencocokan dan sisi penyimpanan, menyimpan kripto dan fiat," kata Karpeles.

Belajar dari Kesalahan Lalu

Bursa baru tersebut akan memiliki struktur yang mirip dengan Bursa Saham New York, tetapi untuk kripto, kata Karpeles. 

Ketika investor kripto semakin memprioritaskan transparansi, sebagian besar bursa aset kripto utama mengklaim menawarkan transparansi penuh dan langkah-langkah keamanan. Hal ini menjadi lebih penting setelah kasus bursa FTX yang runtuh, di mana pengguna mempercayakan miliaran dolar tanpa mengetahui transaksi ilegal yang dilakukan di balik pintu tertutup oleh para eksekutifnya.

Bagi investor kripto yang berhak skeptis, Karpeles mengatakan bursa tersebut bermaksud untuk berbagi data teknis dengan pelanggan untuk menunjukkan transparansi penuh, di atas audit pada setiap entitas terpisah oleh pihak ketiga.

Karpeles menambahkan bahwa upayanya untuk transparansi sangat dipengaruhi oleh pengalamannya dengan Mt. Gox, peretasan dan satu dekade kerja yang mengarah pada pembayaran kembali dana.

banner staking coin.webp

EllipX Berupaya Ciptakan Bursa yang User-Friendly

Dalam upaya untuk mengungguli raksasa perdagangan yang ada di pasar bursa kripto, mantan CEO Mt. Gox mengatakan kepada The Block bahwa EllipX akan menggunakan kemudahan pengguna sebagai senjatanya, terutama dengan EllipX Wallet yang diperkenalkan bulan lalu. 

Dilengkapi dengan teknologi komputasi multi-pihak, dompet EllipX dikatakan lebih mudah digunakan, tanpa perlu menuliskan frasa pada selembar kertas, menurut Karpeles.

Mantan CEO Mt. Gox

Sebagai bagian dari kembalinya ke dunia kripto, Karpeles juga sedang mempersiapkan peluncuran Ungox, sebuah organisasi nirlaba yang akan menawarkan sistem peringkat pada proyek dan bursa kripto.

Kisah Mt.Gox dan Diskon Khusus

Karpeles mengatakan bahwa pemilik Mt. Gox NFT akan mendapatkan diskon khusus pada biaya perdagangan di platform perdagangan barunya, sementara semua pelanggan Mt. Gox dari 2010 hingga 2014 berhak menerima NFT secara gratis.

Didirikan pada tahun 2010, Mt. Gox mengoperasikan bursa bitcoin terbesar di dunia hingga platform tersebut mengalami pelanggaran keamanan besar pada tahun 2014, mengakibatkan hilangnya setidaknya 850.000 BTC. Setelah satu dekade bekerja dengan kreditor dan wali amanat, Mt. Gox mulai membayar kembali dananya awal tahun ini.

Baca juga: Pembayaran Terakhir Mt. Gox: Dampak Potensial Terhadap Pasar Bitcoin

Kesimpulan

Mantan pemimpin Mt. Gox tersebut mengatakan bahwa ia senang menyaksikan pertumbuhan teknologi blockchain, langkah-langkah keamanan dan peraturan yang diterapkan sejak kebangkrutan Mt. Gox. Karpeles optimis EllipX tak akan mengalami kasus yang sama seperti Mt.Gox.

Cara Beli Crypto di Bittime

cara beli crypto di bittime

Kamu bisa beli dan jual aset crypto dengan cara yang mudah dan aman melalui Bittime. Bittime adalah satu aplikasi kripto terbaik di Indonesia yang sudah resmi terdaftar Bappebti. 

Untuk bisa beli aset crypto di Bittime, pastikan kamu telah melakukan registrasi dan menyelesaikan verifikasi identitas. Selain itu, pastikan juga kalau kamu punya saldo yang cukup dengan melakukan deposit sejumlah dana ke wallet. Sekadar informasi, minimal pembelian aset di Bittime adalah Rp10.000. Setelah itu, barulah kamu bisa melakukan pembelian aset crypto di aplikasi. 

Belajar Panduan Lengkap Cara Beli Crypto di Bittime

Pantau pergerakan grafik harga Bitcoin (BTC)Ethereum (ETH), Solana (SOL) dan kripto lainnya untuk mengetahui tren crypto market hari ini secara real-time di Bittime.

Disclaimer: Pandangan yang diungkapkan secara eksklusif milik penulis dan tidak mencerminkan pandangan platform ini. Platform ini dan afiliasinya menolak segala tanggung jawab atas keakuratan atau kesesuaian informasi yang disediakan. Ini hanya untuk tujuan informasi dan bukan merupakan saran keuangan atau investasi.

Hamster Kombat Airdrop
Staking Baru di Bittime

Blog Bittime

X Empire Tambah Skin Baru, Cek di Sini Tampilannya!.webp
X Empire Tambah Skin Baru, Cek di Sini Tampilannya!

X Empire baru saja meluncurkan skin baru yang menarik, termasuk Feather Chief, Big Boss, dan Granny. Cek tampilannya dan tingkatkan pengalaman bermainmu!

2024-09-19Baca