Crypto Adalah: Panduan Lengkap Memahami Aset Kripto

2024-08-01

Crypto Adalah: Panduan Lengkap Memahami Aset Kripto

BittimePelajari tentang crypto, aset digital terdesentralisasi yang memungkinkan penyimpanan, pengiriman, dan penerimaan nilai tanpa bank sentral. Artikel ini menjelaskan cara kerja crypto, sejarahnya, legalitas, dan prospek masa depannya dalam industri kripto yang terus berkembang.

 

Banner 2

Apa Itu Crypto?

Crypto adalah aset digital yang terdesentralisasi. Aset kripto dapat ditransfer dan digunakan dengan bebas, tidak seperti mata uang fiat seperti rupiah atau dolar AS yang diatur oleh Bank Sentral. Jadi, crypto memungkinkan user menyimpan, mengirim, dan menerima aset mereka sendiri.

 

cara trading di bittime

Crypto sendiri berasal dari kriptografi, sebuah metode untuk menyembunyikan data menggunakan algoritma matematika. Kriptografi memastikan keamanan transaksi dan identitas penerima dan pengirim aset crypto. Selain itu, teknologi cryptocurrency memastikan bahwa transaksi tidak dapat diubah, melindungi pengguna dari pembelanjaan berulang atau kemungkinan aset digunakan untuk lebih dari satu transaksi.

Seperti Apa Cara Kerja Crypto?

Sebagian besar aset kripto beroperasi tanpa bantuan bank sentral atau pemerintah. Aset kripto didasarkan pada teknologi terdesentralisasi yang disebut blockchain daripada bergantung pada garansi pemerintah. Cryptocurrency tidak disimpan dalam tumpukan koin atau uang kertas; sebaliknya, mereka hanya ada di internet. Anggap saja ini seperti token virtual, nilainya ditentukan oleh kekuatan pasar orang yang ingin membeli atau menjualnya.

Penambangan adalah proses yang digunakan untuk membuat cryptocurrency, yang memerlukan pemrosesan komputer untuk memecahkan masalah matematika kompleks untuk mendapatkan koin. Pengguna juga dapat membeli mata uang dari broker, yang dapat mereka simpan dan belanjakan dengan menggunakan dompet terenkripsi.

Bagaimana Sejarah Crypto?

Sepanjang masa, banyak figur telah mempengaruhi industri cryptocurrency. Selain memiliki pengaruh besar pada pergerakan mata uang kripto, Vitalik Buterin, yang juga dikenal sebagai Satoshi Nakamoto, juga menciptakan Bitcoin, BTC. Token ERC-20, yang dibangun di jaringan Ethereum, muncul di seluruh dunia.

Edukasi Bitcoin oleh Mt.Gox di Awal 

Di masa awal industri Bitcoin, Jed McCaleb membantu menyebarkan keunggulan Bitcoin dengan mendirikan Mt. Gox, yang sering menjadi tuan rumah perdagangan Bitcoin meskipun awalnya berfungsi sebagai pusat untuk penggemar permainan Magic: The Gathering. Namun, ketika platform runtuh pada tahun 2014, itu menjadi terkenal.

Changpeng Zhao Membuat Binance

Sebagai salah satu pendiri Binance, yang telah berkembang menjadi salah satu bursa kripto terbesar, Changpeng Zhao membantu meningkatkan ketersediaan aset kripto. Sam Bankman-Fried, yang bertanggung jawab atas pembuatan platform perdagangan aset.

Apa Crypto Itu Legal atau Berbahaya?

Seiring dengan pertumbuhan industri kripto, peraturan mulai diberlakukan di seluruh dunia. Amerika Serikat terus meningkatkan pengawasan ruang angkasa. Setelah booming penawaran koin perdana (ICO) pada 2017 dan 2018, Komisi Sekuritas dan Bursa (SEC) mengawasinya. Institusi AS lainnya, seperti Komisi Perdagangan Berjangka Komoditi (CFTC), memiliki berbagai peran.

Peraturan Kripto diluar AS Sering Berubah

Selain itu, peraturan kripto di luar Amerika Serikat telah berubah seiring waktu karena standar yang terus berubah. Misalnya, Petunjuk Anti Pencucian Uang kelima UE mengatakan bahwa pembelian, penjualan, dan operasi lainnya harus mematuhi peraturan yang berlaku di negara-negara tertentu.

Bagaimana dengan Masa Depan Crypto?

Selama sepuluh tahun terakhir, kripto telah berkembang dengan cepat. Sementara desentralisasi keuangan telah merevolusi metode pinjaman dan pinjaman baru, nilai dapat disimpan, ditransfer, dan dibelanjakan melalui berbagai aset dan platform.

Beberapa perusahaan arus utama juga mempertimbangkan berbagai manfaat teknologi blockchain, seperti rantai pasokan. Dengan pertumbuhan dan adopsi yang terlihat sejak tahun 2008, ketika Nakamoto menerbitkan kerangka kerja untuk aset kecil bernama Bitcoin, masa depan aset kripto dan teknologi terkaitnya tampak cerah.

Kesimpulan

Kripto, sebuah aset digital yang terdesentralisasi, memungkinkan pengguna menyimpan, mengirim, dan menerima nilai tanpa bergantung pada pemerintah atau bank sentral. Crypto, yang didasarkan pada teknologi blockchain dan kriptografi, menjamin keamanan transaksi dan identitas pengguna. Industri kripto telah mengalami transformasi besar sejak peluncuran Bitcoin oleh Satoshi Nakamoto pada tahun 2008, dengan adanya inovasi seperti token ERC-20 di jaringan Ethereum dan bursa kripto besar seperti Binance.

Meskipun teknologi blockchain menawarkan banyak peluang, crypto juga menghadapi beberapa masalah, terutama terkait dengan peraturan. Untuk mencegah bahaya seperti pencucian uang dan penipuan, peraturan di berbagai negara terus berkembang untuk mengatur penggunaan dan transaksi kripto. Masa depan cryptocurrency tampak menjanjikan, terutama dengan adopsi yang terus meningkat dan potensi aplikasinya di berbagai industri.

Cara Beli Crypto di Bittime

Banner Daftar Bittime

Kamu bisa beli dan jual aset crypto dengan cara yang mudah dan aman melalui Bittime. Bittime adalah satu aplikasi kripto terbaik di Indonesia yang sudah resmi terdaftar Bappebti. 

Untuk bisa beli aset crypto di Bittime, pastikan kamu telah melakukan registrasi dan menyelesaikan verifikasi identitas. Selain itu, pastikan juga kalau kamu punya saldo yang cukup dengan melakukan deposit sejumlah dana ke wallet. Sekadar informasi, minimal pembelian aset di Bittime adalah Rp10.000. Setelah itu, barulah kamu bisa melakukan pembelian aset crypto di aplikasi. Belajar Panduan Lengkap Cara Beli Crypto di Bittime

Pantau pergerakan grafik harga Bitcoin (BTC)Ethereum (ETH), Solana (SOL) dan kripto lainnya untuk mengetahui tren crypto market hari ini secara real-time di Bittime.

Disclaimer: Pandangan yang diungkapkan secara eksklusif milik penulis dan tidak mencerminkan pandangan platform ini. Platform ini dan afiliasinya menolak segala tanggung jawab atas keakuratan atau kesesuaian informasi yang disediakan. Ini hanya untuk tujuan informasi dan bukan merupakan saran keuangan atau investasi.

Hamster Kombat Airdrop
Staking Baru di Bittime

Blog Bittime

Cara Withdraw Hamster Kombat ke Bittime dari Wallet Telegram
Cara Withdraw Hamster Kombat ke Bittime dari Wallet Telegram

Hamster Kombat akan listing koin HMSTR sebentar lagi. Di saat listing ini biasanya pemain mulai mencairkan. Bagaimana cara mencairkan Hamster Kombat?

2024-09-17Baca