Cynthia Lummis Perintahkan AS Beli 1 Juta Bitcoin Lewat RUU

2024-07-29

Cynthia Lummis Perintahkan AS Beli 1 Juta Bitcoin Lewat RUU.webpBanner Daftar Bittime

BittimeSenator Cynthia Lummis asal Wyoming akan mengajukan rancangan undang-undang yang mengarahkan Departemen Keuangan AS untuk membeli 1 juta bitcoin — senilai sekitar $68 miliar (Rp 1.101 triliun) pada harga saat ini — selama periode lima tahun. 

Proposal ini bertujuan untuk melawan efek pelemahan nilai dolar AS.

"Bitcoin adalah penyimpan nilai yang hebat. Selama empat tahun terakhir, nilainya telah meningkat sekitar 55% per tahun. Pada periode yang sama, nilai dolar AS telah menurun dan kita melihat inflasi yang terus meningkat," ungkap Senator Lummis dalam wawancara eksklusif dengan The Block.

Banner Daftar Bittime

Lummis Menilai Bitcoin Akan Terus Naik

Lummis, yang telah lama mendukung bitcoin dan dilaporkan membeli token pertamanya pada tahun 2013, menambahkan, "Menurut pendapat saya, akan sangat berharga memiliki aset keras yang mendukung dolar AS dan nilainya terus bertumbuh, bukan menurun."

Menurut rancangan undang-undang tersebut, Departemen Keuangan AS akan menyimpan bitcoin yang dibeli di berbagai lokasi geografis. 

Pemerintah akan memegang koin-koin tersebut setidaknya selama 20 tahun, kecuali jika dijual untuk "mengurangi utang negara".

 

Cek Market Crypto Hari Ini:

"Dari pemodelan angka dan pengalaman masa lalu dengan bitcoin, kita tahu bahwa ini bisa menjadi game changer absolut untuk kekacauan yang telah ditimbulkan Amerika Serikat dengan utang dan defisitnya," tegas Senator Lummis.

Lummis Sarankan Departemen Keuangan AS Ambil Alih Kepemilikan BTC

Lebih lanjut, Lummis mengusulkan agar Departemen Keuangan AS juga mengambil alih kepemilikan sekitar 210.000 BTC yang saat ini dimiliki oleh Departemen Kehakiman AS dan lembaga lainnya. Aset tersebut sebagian besar berasal dari penyitaan kriminal.

staking koin di bittime

"Kita memiliki cadangan minyak strategis. Kita menyimpan emas. Jadi, gagasan tentang cadangan strategis yang digunakan khusus untuk mengurangi utang memecahkan begitu banyak masalah sehingga hampir terlihat jelas dengan sendirinya, namun tetap merupakan langkah besar," jelas Senator Lummis.

Ini bukan pertama kalinya Senator Lummis menyarankan pemerintah AS untuk membeli bitcoin. Pada tahun 2022, ia pernah mengusulkan ide untuk mendiversifikasi neraca Federal Reserve dengan bitcoin. 

Lummis sendiri dilaporkan memiliki bitcoin senilai lebih dari $100.000 (Rp1,62 miliar) berdasarkan laporan wajib terbarunya.

 

Baca Juga Cara Beli Crypto:

Meskipun Lummis optimis bahwa beberapa undang-undang khusus kripto bisa disahkan tahun ini — seperti RUU stablecoin yang ia tulis bersama Senator Kirsten Gillibrand dari New York — ia tidak berpikir RUU cadangan bitcoin akan dipertimbangkan secara serius hingga setelah pemilihan mendatang.

"Ini bukan sesuatu yang saya lihat akan disahkan tahun ini, melainkan diajukan sebagai bagian dari undang-undang yang dapat ditinjau orang tahun ini, yang ditulis secara internal oleh staf saya," kata Lummis.

cara trading di bittime

Senator Lummis, seorang Republikan seumur hidup dan pendukung Trump, mengatakan bahwa presiden ke-45 AS itu pada dasarnya telah membuka pintu lebar-lebar bagi AS untuk merangkul kripto.

"Presiden Trump berperan penting dalam menyusun bahasa dalam platform Partai Republik. Ini termasuk menentang mata uang digital bank sentral di Amerika Serikat. Ini pro-penambangan bitcoin, dan dia ingin menjaga Amerika sebagai pusat utama untuk aset digital," ungkapnya.

Proposal berani Senator Lummis ini menandai titik balik potensial dalam kebijakan keuangan AS. Hal ini mungkin akan memicu perdebatan sengit di kalangan pembuat kebijakan dan pakar ekonomi. 

Terlepas dari pro dan kontra, satu hal yang pasti: dunia keuangan sedang menyaksikan kemungkinan perubahan paradigma yang dapat mengubah lanskap ekonomi global secara dramatis.

Cara Beli Crypto di Bittime

cara beli crypto di bittime

Kamu bisa beli dan jual aset crypto dengan cara yang mudah dan aman melalui Bittime. Bittime adalah satu aplikasi kripto terbaik di Indonesia yang sudah resmi terdaftar Bappebti. 

Untuk bisa beli aset crypto di Bittime, pastikan kamu telah melakukan registrasi dan menyelesaikan verifikasi identitas. Selain itu, pastikan juga kalau kamu punya saldo yang cukup dengan melakukan deposit sejumlah dana ke wallet. Sekadar informasi, minimal pembelian aset di Bittime adalah Rp10.000. Setelah itu, barulah kamu bisa melakukan pembelian aset crypto di aplikasi. 

Belajar Panduan Lengkap Cara Beli Crypto di Bittime

Pantau pergerakan grafik harga Bitcoin (BTC)Ethereum (ETH), Solana (SOL) dan kripto lainnya untuk mengetahui tren crypto market hari ini secara real-time di Bittime.

Disclaimer: Pandangan yang diungkapkan secara eksklusif milik penulis dan tidak mencerminkan pandangan platform ini. Platform ini dan afiliasinya menolak segala tanggung jawab atas keakuratan atau kesesuaian informasi yang disediakan. Ini hanya untuk tujuan informasi dan bukan merupakan saran keuangan atau investasi.

Hamster Kombat Airdrop
Staking Baru di Bittime