Hold Recommendation Adalah: Pengertian, Manfaat, Risiko, dan Faktor Pengaruhnya

2024-08-14

Hold Recommendation Adalah - Bittime

Bittime – Artikel ini akan membahas tentang hold, mulai dari pengertian, manfaat, risiko, hingga faktor pengaruhnya. Simak hingga akhir supaya paham secara menyeluruh tentang hold dan hold recommendation dalam ranah ekosistem kripto.

Banner 2

Apa Itu Hold Recommendation?

Hold recommendation adalah saran dari analis untuk tidak membeli atau menjual suatu saham. Perusahaan dengan Hold Recommendation umumnya diharapkan memiliki kinerja yang sejalan dengan pasar atau perusahaan sejenis.

Peringkat ini lebih baik daripada jual tetapi lebih rendah daripada beli, artinya investor yang sudah memiliki posisi saham tidak perlu menjual, tetapi investor yang belum memiliki saham sebaiknya tidak membeli.

Baca Juga: RLUSD Ripple: Perkembangan Terbaru Stablecoin Anyar

Memahami Hold Recommendation

Hold Recommendation dapat diartikan sebagai "tahan apa yang Anda miliki dan tunda pembelian saham tersebut".

Hold Recommendation adalah salah satu dari tiga rekomendasi investasi dasar yang diberikan oleh lembaga keuangan dan analis profesional. Semua saham memiliki salah satu dari tiga rekomendasi: beli, jual, atau tahan.

Seringkali, satu saham dapat memiliki dua atau lebih rekomendasi yang berbeda dari lembaga keuangan yang berbeda.

Dalam kasus ini, penting bagi investor untuk melihat saran yang diberikan dan memutuskan mana yang paling akurat untuk situasi spesifik mereka.

Jika seorang investor memutuskan bahwa suatu saham adalah tahan, dia memiliki dua opsi potensial.

Jika investor sudah memiliki saham tersebut, dia harus mempertahankan kepemilikan saham dan melihat bagaimana performanya dalam jangka pendek, menengah, dan panjang.

Jika investor tidak memiliki saham, dia harus menunggu hingga prospek masa depan menjadi lebih jelas sebelum membeli.

Banner Daftar Bittime

Hold Recommendation vs. Strategi Beli dan Tahan

Hold Recommendation adalah pendapat analis tentang suatu saham dan berbeda dengan strategi beli dan tahan, di mana sebuah saham dibeli dengan pemahaman bahwa akan dipegang dalam jangka panjang.

Definisi jangka panjang tergantung pada investor spesifik, tetapi kebanyakan orang yang menerapkan strategi beli dan tahan akan memiliki saham selama lima tahun atau lebih.

Jenis strategi ini memaksa investor untuk tetap berinvestasi melalui penurunan dan resesi pasar sehingga mereka tidak menjual saat harga turun; sebaliknya, mereka bertahan melalui volatilitas dan menjual pada puncak harga.

Manfaat Menguasai Saham

Ketika seorang investor memegang suatu saham, dia secara efektif memulai posisi panjang dalam suatu ekuitas.

Investor yang memegang saham dalam jangka panjang dapat memperoleh manfaat dari dividen triwulanan dan potensi kenaikan harga saham seiring waktu. Bahkan jika suatu saham diberi Hold Recommendation dan tetap stabil, jika membayar dividen, investor tetap dapat memperoleh keuntungan.

Posisi tahan bukanlah posisi yang buruk, dan bahkan saham yang diberi label tahan dapat mengalami kenaikan harga seiring waktu. Mereka hanya tidak dianggap memiliki kemungkinan untuk mengungguli saham sejenis lainnya.

Baca Juga: Gains Network Beli dan Distribusikan 400.000 GNS Lebih

Risiko Menguasai Saham

Namun, ada juga risiko memegang saham. Semua posisi panjang rentan terhadap volatilitas pasar dan potensi penurunan harga.

Terkadang investor memprediksi penurunan ekonomi mikro atau makro tetapi tetap memegang saham karena direkomendasikan oleh lembaga keuangan terkemuka. Jika harga saham kemudian turun bersama pasar, investor kehilangan uang.

Meskipun demikian, kerugian kertas dalam penurunan pasar yang luas hanya penting jika investor membutuhkan uang dalam jangka pendek.

Namun, jika fundamental suatu saham telah memburuk, investor harus mengevaluasi kembali apakah akan terus memegang atau tidak.

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Hold Recommendation

Beberapa faktor yang dapat mempengaruhi Hold Recommendation antara lain:

  • Kondisi pasar: Jika pasar secara keseluruhan sedang mengalami ketidakpastian, banyak saham mungkin mendapat Hold Recommendation.
  • Kinerja perusahaan: Meskipun perusahaan mungkin stabil, tanpa adanya katalis pertumbuhan yang jelas, analis dapat memberikan Hold Recommendation.
  • Penilaian saham: Jika harga saham dinilai sesuai dengan nilai intrinsiknya, analis mungkin memberikan Hold Recommendation.

Banner Blog.webp

Bagaimana Menanggapi Hold Recommendation?

Keputusan akhir tetap berada di tangan investor. Hold Recommendation hanyalah salah satu faktor yang perlu dipertimbangkan. Beberapa opsi yang dapat diambil:

  • Pertahankan kepemilikan: Jika Anda sudah memiliki saham tersebut dan tidak memiliki kebutuhan mendesak akan dana, Anda dapat mempertahankan kepemilikan sambil terus memantau perkembangan perusahaan.
  • Tunggu dan lihat: Jika Anda belum memiliki saham tersebut, Anda dapat menunggu hingga ada katalis positif atau negatif yang muncul sebelum membuat keputusan.
  • Lakukan analisis sendiri: Jangan hanya bergantung pada rekomendasi analis. Lakukan riset independen untuk memahami kinerja perusahaan dan prospek masa depannya.

Cara Beli Crypto di Bittime

cara beli crypto di bittime

Kamu bisa beli dan jual aset crypto dengan cara yang mudah dan aman melalui Bittime. Bittime adalah satu aplikasi kripto terbaik di Indonesia yang sudah resmi terdaftar Bappebti. 

Untuk bisa beli aset crypto di Bittime, pastikan kamu telah melakukan registrasi dan menyelesaikan verifikasi identitas. Selain itu, pastikan juga kalau kamu punya saldo yang cukup dengan melakukan deposit sejumlah dana ke wallet. Sekadar informasi, minimal pembelian aset di Bittime adalah Rp10.000. Setelah itu, barulah kamu bisa melakukan pembelian aset crypto di aplikasi. Belajar Panduan Lengkap Cara Beli Crypto di Bittime

Pantau pergerakan grafik harga Bitcoin (BTC)Ethereum (ETH), Solana (SOL) dan kripto lainnya untuk mengetahui tren crypto market hari ini secara real-time di Bittime.

Disclaimer: Pandangan yang diungkapkan secara eksklusif milik penulis dan tidak mencerminkan pandangan platform ini. Platform ini dan afiliasinya menolak segala tanggung jawab atas keakuratan atau kesesuaian informasi yang disediakan. Ini hanya untuk tujuan informasi dan bukan merupakan saran keuangan atau investasi.

Hamster Kombat Airdrop
Staking Baru di Bittime

Blog Bittime

Apa itu FOMC dan Dampaknya bagi Pasar Kripto.webp
FOMC Meeting: Apa Itu, Perkembangan Terbaru, dan Dampaknya Bagi Kripto?

FOMC (Federal Open Market Committee) adalah komite di bawah Federal Reserve yang bertanggung jawab atas kebijakan moneter di AS. Ini dampaknya bagi pasar kripto!

2024-09-19Baca