DOJ AS Tuntut 4 Perusahaan atas Dugaan Manipulasi Pasar Meme Coin

2024-10-10

Manipulasi Pasar Meme Coin

BittimeDepartment of Justice (DOJ) atau Departemen Kehakiman AS baru saja mengajukan tuduhan terhadap beberapa perusahaan market maker kripto atas dugaan manipulasi pasar meme coin, yaitu Gotbit, ZM Quant, CLS Global, dan MyTrade.

Manipulasi pasar meme coin ini melibatkan wash trading untuk menarik investor ke dalam skema pump and dump. Baca artikel ini untuk mengetahui selengkapnya!

Body-Banner (5).webp

Manipulasi Pasar Meme Coin dengan Token Palsu

DOJ menuduh keempat perusahaan di atas telah melakukan manipulasi pasar meme coin menggunakan teknik wash trading, yaitu memperdagangkan token digital antara entitas yang sama untuk menciptakan volume perdagangan palsu. 

Untuk menyelidiki kasus ini, FBI bahkan menciptakan token digital palsu bernama NexFundAI untuk mengungkap praktik ilegal ini. 

Hasilnya, FBI berhasil mengungkap keterlibatan keempat perusahaan di atas dalam manipulasi pasar meme coin dan telah menyita lebih dari $25 juta aset kripto.

Baca Juga: ZachXBT Menuduh Ansem Telah Memanipulasi Pasar Meme Coin 

Market Maker yang Manipulasi Pasar Meme Coin 

Gotbit, yang mengeklaim sebagai market maker untuk meme coin, menjadi salah satu fokus utama dalam kasus manipulasi pasar meme coin ini. 

Gotbit menawarkan layanan manipulasi pasar sesuai permintaan, yaitu menciptakan volume perdagangan palsu untuk membuat token tampak lebih menarik bagi investor baru. 

CEO Gotbit, Aleksei Andriunin, serta dua direktur lainnya, didakwa atas keterlibatan mereka dalam skema ini. Andriunin mengakui bahwa dia telah memalsukan volume perdagangan serta menciptakan ilusi pasar yang aktif, terutama untuk meme coin.

hmstr vs cati.webp

Manipulasi Pasar Meme Coin dengan Skema Pump and Dump

Sementara itu, skema pump and dump bukanlah hal baru dalam dunia kripto. Dalam skema ini, pelaku membeli sejumlah besar token dengan harga murah, kemudian memanipulasi harga dengan cara meningkatkan volume perdagangan palsu sehingga harga token melonjak. 

Setelah harga mencapai puncaknya, pelaku menjual token mereka untuk mendapatkan keuntungan besar, sementara investor lain yang tertarik pada harga yang terus naik akhirnya terjebak dengan aset yang nilainya turun drastis.

Meme coin menjadi target populer untuk skema ini karena cenderung menarik perhatian besar dengan harga yang bisa melonjak tiba-tiba, meskipun tanpa dasar fundamental yang kuat.  

Banner Daftar Bittime

Saitama: Salah Satu Kasus Manipulasi Pasar Meme Coin 

Salah satu kasus manipulasi pasar meme coin yang diungkap DOJ adalah perusahaan kripto Saitama. Proyek meme coin ini berhasil mencapai kapitalisasi pasar sebesar $7,5 miliar. 

Namun, para pelaku di balik proyek tersebut secara aktif memanipulasi pasar. Pelaku diam-diam menjual token-token mereka dan meraup keuntungan hingga puluhan juta dolar, sementara investor lain mengalami kerugian besar.

Baca Juga: Meme Coin MOODENG Jadi Peringkat Teratas dalam 7 Hari Terakhir! 

Cara Beli Crypto di Bittime

cara beli crypto di bittime

Kamu bisa beli dan jual aset crypto dengan cara yang mudah dan aman melalui Bittime. Bittime adalah satu aplikasi kripto terbaik di Indonesia yang sudah resmi terdaftar Bappebti. 

Untuk bisa beli aset crypto di Bittime, pastikan kamu telah melakukan registrasi dan menyelesaikan verifikasi identitas. Selain itu, pastikan juga kalau kamu punya saldo yang cukup dengan melakukan deposit sejumlah dana ke wallet. Sekadar informasi, minimal pembelian aset di Bittime adalah Rp10.000. Setelah itu, barulah kamu bisa melakukan pembelian aset crypto di aplikasi. 

Pantau pergerakan grafik harga Bitcoin (BTC), Ethereum (ETH), Solana (SOL) dan kripto lainnya untuk mengetahui tren crypto market hari ini secara real-time di Bittime.

Disclaimer: Pandangan yang diungkapkan secara eksklusif milik penulis dan tidak mencerminkan pandangan platform ini. Platform ini dan afiliasinya menolak segala tanggung jawab atas keakuratan atau kesesuaian informasi yang disediakan. Ini hanya untuk tujuan informasi dan bukan merupakan saran keuangan atau investasi.

Staking USDT Di Bittime Aja
Staking Memecoin Di Bittime

Blog Bittime

MemeFi Secret Code Daily Combo 10 Oktober: Ini Bocoran Jawabannya!
MemeFi Secret Code Daily Combo 10 Oktober: Ini Bocoran Jawabannya!

MemeFi Secret Code Daily Combo 10 Oktober 2024 sudah ada bocoran jawabannya lho, Bittimers! Artikel ini akan membahas bagian mana saja yang harus kamu tap-tap

2024-10-10Baca