Optimism akan Luncurkan Interoperabilitas Cross-Chain Native pada Layer 2!

2024-08-13

Optimism akan Luncurkan Interoperabilitas Cross-Chain Native

BittimeOptimism, salah satu solusi Layer 2 Ethereum, berencana untuk memperkenalkan interoperabilitas cross-chain native pada Layer 2. Apa itu? Baca artikel ini untuk mengetahui berita selengkapnya!

Banner 2

Layer 2 Dapat Beroperasi Layaknya Blockchain Tunggal

Saat ini, rantai-rantai dalam ekosistem Optimism, yang juga dikenal dengan sebutan Superchain, sangat bergantung pada mainnet Ethereum Layer 1 untuk komunikasi dan transfer aset yang aman. 

Untuk mengatasi masalah ini, Optimism telah menyusun rencana untuk mengimplementasikan interoperabilitas native di dalam Superchain. Ini bertujuan untuk memungkinkan aset dan pengguna bergerak dengan lancar di antara rantai-rantai yang ada sehingga dapat diakses di mana saja melalui aplikasi yang terintegrasi.

Solusi interoperabilitas yang ditawarkan oleh Optimism dirancang agar Superchain beroperasi layaknya satu blockchain tunggal. Dengan demikian, pengguna, aset, dan pengembang dapat berpindah-pindah antar jaringan dengan mudah, tanpa harus khawatir tentang masalah kompatibilitas atau keamanan.

banner staking coin.webp

Tahapan Pengembangan Optimism

Rencana pengembangan yang diungkapkan Optimism mencakup beberapa fitur penting yang akan mendukung interoperabilitas cross-chain. 

Salah satu fitur utamanya adalah protokol pengiriman pesan cross-chain, yang akan memungkinkan komunikasi yang aman dan efisien di antara berbagai rantai dalam ekosistem. 

Selain itu, akan diperkenalkan juga standar token universal yang dikenal dengan nama SuperchainERC20, yang dirancang untuk meningkatkan portabilitas cross-chain bagi aset-aset digital.

Untuk memastikan keamanan dalam transfer aset, pengembang juga akan menerapkan sistem fault-proof yang interoperable. Sistem ini bertujuan untuk menjamin bahwa setiap transaksi atau transfer aset antar rantai dapat dilakukan dengan aman dan tanpa risiko kehilangan aset.

Baca Juga: Jaringan Layer 2 Kinto Beri Mining Reward, 2% dari Pasokan Token!

Peluncuran Testnet dan Mainnet

Rencana implementasi ini akan dimulai dengan peluncuran devnet sebagai jaringan pengembangan, yang akan digunakan untuk menguji protokol pengiriman pesan dan standar token baru tersebut. 

Setelah itu, akan dilanjutkan dengan peluncuran testnet untuk pengujian lebih lanjut sebelum akhirnya diterapkan pada mainnet guna memungkinkan interaksi lintas rantai secara real-time.

Banner Blog.webp

Pengaruh terhadap Ekosistem Ethereum  

Optimism tidak hanya berfokus pada pengembangan Superchain saja, tetapi juga meningkatkan interoperabilitas di seluruh ekosistem Ethereum. Rencana ini termasuk adopsi interface cross-chain universal seperti ERC-7683 untuk transfer aset, yang diharapkan dapat menjadi standar baru di industri blockchain. 

Dengan begitu, Optimism ingin menciptakan pengalaman pengguna yang konsisten di berbagai ekosistem blockchain, yang pada akhirnya akan meningkatkan adopsi dan penggunaan teknologi blockchain di berbagai sektor.

Selain itu, jaringan-jaringan dalam ekosistem Optimism, termasuk OP Mainnet dan rantai Layer 2 lainnya, akan menggunakan solusi skalabilitas yang dikenal dengan nama optimistic rollups. 

Teknologi ini menggabungkan transaksi Ethereum di lapisan sekunder off-chain, yang memungkinkan pemrosesan transaksi dengan biaya yang lebih murah dan membantu mengatasi masalah skalabilitas yang selama ini menjadi tantangan utama Ethereum.

Baca Juga: Layer 2 Jadi Sektor dengan Performa Terbaik, Token SAGA dan TIA Memimpin!

Cara Beli Crypto with Bittime

Banner Daftar Bittime

Kamu bisa beli dan jual aset crypto dengan cara yang mudah dan aman melalui Bittime. Bittime adalah satu aplikasi kripto terbaik di Indonesia yang sudah resmi terdaftar Bappebti. 

Untuk bisa beli aset crypto di Bittime, pastikan kamu telah melakukan registrasi dan menyelesaikan verifikasi identitas. Selain itu, pastikan juga kalau kamu punya saldo yang cukup dengan melakukan deposit sejumlah dana ke wallet. Sekadar informasi, minimal pembelian aset di Bittime adalah Rp10.000. Setelah itu, barulah kamu bisa melakukan pembelian aset crypto di aplikasi. 

Pantau pergerakan grafik harga Bitcoin (BTC), Ethereum (ETH), Solana (SOL) dan kripto lainnya untuk mengetahui tren crypto market hari ini secara real-time di Bittime.

Disclaimer: Pandangan yang diungkapkan secara eksklusif milik penulis dan tidak mencerminkan pandangan platform ini. Platform ini dan afiliasinya menolak segala tanggung jawab atas keakuratan atau kesesuaian informasi yang disediakan. Ini hanya untuk tujuan informasi dan bukan merupakan saran keuangan atau investasi.

Hamster Kombat Airdrop
Staking Baru di Bittime

Blog Bittime

Klaim Reward TapCoins Bounty Combo 19 September 2024.png
Klaim Reward TapCoins Bounty Combo 19 September 2024

Tantangan seru menantimu di TapCoins Bounty Combo 18 September 2024! Dengan bocoran kombinasi kartu kamu bisa menguji keberuntungan dalam menyusun strategi.

2024-09-19Baca