Peluang ETF Solana dan Altcoin Lainnya di Pasar AS Masih Rendah

2024-08-05

ETF Solana dan Altcoin

BittimeETF berbasis aset kripto seperti Bitcoin dan Ethereum telah mengalami perkembangan signifikan, terutama di pasar AS. Namun, peluang untuk ETF Solana dan altcoin lain tampaknya masih kecil.  

Banner 2

ETF Solana dan Altcoin Lainnya Terhambat Regulasi

Katalin Tischhauser, Kepala Penelitian Investasi di Sygnum Bank, baru-baru ini menyatakan bahwa persetujuan ETF untuk aset kripto selain Bitcoin dan Ethereum di AS sangat kecil kemungkinannya terjadi dalam waktu dekat.

Tischhauser mengungkapkan bahwa kendala utama dalam persetujuan ETF altcoin di AS adalah kurangnya tempat perdagangan yang diatur oleh SEC yang dapat diterima untuk pengawasan pasar. 

SEC memiliki tanggung jawab untuk memastikan bahwa produk keuangan yang mereka setujui bebas dari penyalahgunaan pasar, penipuan, dan manipulasi. Untuk mencapai ini, SEC mengawasi pasar yang mendasarinya dengan melihat tempat perdagangan yang diatur seperti Chicago Mercantile Exchange (CME) guna memastikan praktik perdagangan yang adil, transparan, dan bebas dari manipulasi.

banner staking coin.webp

Kepopuleran Solana Jauh di Bawah Bitcoin dan Ethereum

Bahkan jika ETF Solana dan altcoin lainnya disetujui, Tischhauser memperkirakan bahwa permintaan untuk produk ini tidak akan signifikan. Menurutnya, kepopuleran Ethereum hanya setengah dari Bitcoin, dan token lain seperti Solana masih minimal di luar pasar kripto.

Sejak diluncurkan pada Januari, ETF Bitcoin spot telah mencatat arus masuk agregat sebesar $17,7 miliar, yang menunjukkan permintaan yang signifikan. Namun, ETF Ethereum spot memiliki awal yang lebih lambat, dengan arus keluar agregat mendominasi minggu pertama perdagangan.  

Tischhauser juga mencatat bahwa pasar bisa terlihat sangat berbeda untuk aset kripto di luar Bitcoin dan Ethereum dalam hal ETF. Meskipun Grayscale’s Solana Trust (GSOL) menunjukkan adanya permintaan, jumlah aset yang dikelola (AUM) oleh dana ini jauh lebih kecil dibandingkan dengan trust Bitcoin dan Ethereum.

Banner Blog.webp

VanEck Optimis dengan ETF Solana

Namun, tidak semua sepakat dengan pandangan pesimis mengenai prospek ETF Solana dan altcoin lainnya. Matthew Sigel, Kepala Penelitian Aset Digital di VanEck, tidak setuju dengan gagasan bahwa Bitcoin dan Ethereum akan menjadi satu-satunya ETF. 

Sigel juga menambahkan bahwa VanEck bertujuan untuk memimpin inovasi ini di AS. VanEck bahkan telah mengajukan ETF Solana kepada SEC pada 27 Juni lalu. Hal ini menunjukkan adanya keyakinan bahwa dengan perkembangan pasar yang tepat, ETF berbasis Solana dan altcoin lainnya dapat berkembang di pasar AS.

Cara Beli Crypto di Bittime

Banner Daftar Bittime

Kamu bisa beli dan jual aset crypto dengan cara yang mudah dan aman melalui Bittime. Bittime adalah satu aplikasi kripto terbaik di Indonesia yang sudah resmi terdaftar Bappebti. 

Untuk bisa beli aset crypto di Bittime, pastikan kamu telah melakukan registrasi dan menyelesaikan verifikasi identitas. Selain itu, pastikan juga kalau kamu punya saldo yang cukup dengan melakukan deposit sejumlah dana ke wallet. Sekadar informasi, minimal pembelian aset di Bittime adalah Rp10.000. Setelah itu, barulah kamu bisa melakukan pembelian aset crypto di aplikasi. 

Pantau pergerakan grafik harga Bitcoin (BTC), Ethereum (ETH), Solana (SOL) dan kripto lainnya untuk mengetahui tren crypto market hari ini secara real-time di Bittime.

Disclaimer: Pandangan yang diungkapkan secara eksklusif milik penulis dan tidak mencerminkan pandangan platform ini. Platform ini dan afiliasinya menolak segala tanggung jawab atas keakuratan atau kesesuaian informasi yang disediakan. Ini hanya untuk tujuan informasi dan bukan merupakan saran keuangan atau investasi.

Hamster Kombat Airdrop
Staking Baru di Bittime

Blog Bittime

Daily Combo Hamster Kombat Update 20 September 2024.webp
Daily Combo Hamster Kombat: Update 20 September 2024

Daily Combo harian Hamster Kombat untuk 20 September 2024 sudah rilis. Dapatkan kombinasi barunya di artikel ini dan raup 5 juta koin langsung.

2024-09-20Baca