SEC Tolak Aplikasi 19b-4 untuk ETF Solana yang Diajukan 21Shares dan VanEck

2024-08-20

SEC Tolak Aplikasi 19b-4 untuk ETF Solana

BittimeSEC menolak aplikasi 19b-4 yang diajukan oleh Cboe BZX untuk dua penerbit potensial ETF Solana. Penolakan ini membuat aplikasi terkait ditarik dari situs Cboe, dan menimbulkan pesimisme akan ETF Solana di pasar AS.

Banner 2

SEC Menolak Aplikasi 19b-4 untuk ETF Solana

SEC menolak aplikasi 19b-4 yang diajukan oleh Cboe BZX atas nama dua penerbit ETF Solana, yaitu 21Shares dan VanEck. Aplikasi 19b-4 adalah langkah penting bagi bursa seperti Cboe untuk memulai proses persetujuan dari SEC. 

Namun, dengan penolakan ini, aplikasi tersebut tidak pernah mencapai Federal Register, yang berarti proses persetujuan resmi belum dimulai. Penolakan ini terjadi setelah beberapa diskusi antara SEC dan penerbit terkait. 

SEC tetap pada pandangan bahwa Solana harus dianggap sebagai sekuritas, sesuai dengan beberapa dokumen pengadilan sebelumnya. Hal ini memengaruhi keputusan SEC untuk menolak aplikasi, dan menyebabkan aplikasi tersebut dihapus dari situs Cboe.

Baca Juga: Potensi Kenaikan Harga Solana (SOL) Jika ETF Solana Disetujui

Dampak Penolakan terhadap 21Shares dan VanEck

21Shares dan VanEck bersaing untuk meluncurkan ETF Solana pertama di AS. Aplikasi S-1 milik 21Shares, yang merupakan formulir penting dalam proses pendaftaran ETF, telah menghilang dari sistem EDGAR SEC. Hilangnya formulir ini menimbulkan spekulasi bahwa 21Shares mungkin hiatus dari persaingan untuk sementara waktu. 

Meski begitu, Audrey Belloff, kepala komunikasi 21Shares, menegaskan bahwa perusahaan tetap berkomitmen untuk memperluas akses investor ke cryptocurrency, baik di pasar AS maupun global. 21Shares mungkin masih memiliki rencana untuk mengajukan permohonan akan ETF Solana.

Sementara itu, aplikasi S-1 milik VanEck masih terlihat dalam sistem EDGAR, yang menunjukkan bahwa perusahaan ini masih berusaha untuk meraih persetujuan SEC. Matthew Sigel, kepala penelitian di VanEck, menyatakan bahwa aplikasi VanEck masih "on track" meskipun ada penolakan dari SEC.  

Banner Blog.webp

Peluncuran ETF Solana Masih Jauh

ETF Solana telah sangat diantisipasi, terutama setelah popularitas Solana yang terus meningkat. 

ETF Solana diharapkan dapat memberikan akses yang lebih mudah bagi investor yang ingin berinvestasi pada Solana tanpa harus langsung membeli token SOL.

Namun, dengan penolakan SEC terhadap aplikasi 19b-4, peluncuran ETF Solana tampaknya masih jauh.  

Baca Juga: Peluang ETF Solana dan Altcoin Lainnya di Pasar AS Masih Rendah 

Cara Beli Crypto with Bittime

cara beli crypto di bittime

Kamu bisa beli dan jual aset crypto dengan cara yang mudah dan aman melalui Bittime. Bittime adalah satu aplikasi kripto terbaik di Indonesia yang sudah resmi terdaftar Bappebti. 

Untuk bisa beli aset crypto di Bittime, pastikan kamu telah melakukan registrasi dan menyelesaikan verifikasi identitas. Selain itu, pastikan juga kalau kamu punya saldo yang cukup dengan melakukan deposit sejumlah dana ke wallet. Sekadar informasi, minimal pembelian aset di Bittime adalah Rp10.000. Setelah itu, barulah kamu bisa melakukan pembelian aset crypto di aplikasi. 

Pantau pergerakan grafik harga Bitcoin (BTC), Ethereum (ETH), Solana (SOL) dan kripto lainnya untuk mengetahui tren crypto market hari ini secara real-time di Bittime.

Disclaimer: Pandangan yang diungkapkan secara eksklusif milik penulis dan tidak mencerminkan pandangan platform ini. Platform ini dan afiliasinya menolak segala tanggung jawab atas keakuratan atau kesesuaian informasi yang disediakan. Ini hanya untuk tujuan informasi dan bukan merupakan saran keuangan atau investasi.

Hamster Kombat Airdrop
Staking Baru di Bittime