Solana ETF Berpotensi Naikan Harga SOL Hingga 9 Kali Lipat!

2024-07-01
Solana ETF Berpotensi Naikan Harga SOL Hingga 9 Kali Lipat!.jpg

Bittime - Solana ETF berpotensi mempengaruhi harga SOL secara signifikan. ETF ini digadang-gadang bisa melambungkan harga SOL hingga sembilan kali lipat! Ini penjelasannya.

GSR Markets Prediksi Potensi Solana ETF

Perusahaan pembuat pasar kripto, GSR Markets, dalam laporannya pada 27 Juni lalu menyebut Solana sebagai salah satu dari "tiga aset kripto teratas".

Mereka pun menganalisis apakah SOL akan menjadi kripto berikutnya yang mendapatkan lampu hijau dari regulator Amerika Serikat untuk memiliki ETF tersendiri.

Laporan GSR ini menariknya dirilis di hari yang sama ketika perusahaan investasi VanEck mengajukan permohonan untuk menerbitkan ETF Solana. Kehadiran ETF ini tentu mengejutkan banyak pihak.

GSR, yang diketahui memiliki posisi kepemilikan SOL yang besar, memperkirakan harga SOL bisa melonjak hingga 8,9 kali lipat.

Perkiraan ini didasarkan pada asumsi bahwa ETF Solana akan menyerap 14% dari aliran dana yang masuk ke ETF Bitcoin sejak peluncurannya di Januari lalu.

Angka tersebut disesuaikan dengan kapitalisasi pasar kedua aset kripto tersebut. Jika prediksi terbaik GSR ("blue sky scenario") menjadi kenyataan, harga SOL yang saat ini berada di sekitar $149 (sekitar Rp 2,4 juta) bisa melesat ke atas $1.320 (sekitar Rp 21,4 juta).

Kapitalisasi pasar Solana pun diperkirakan akan melonjak menjadi $614 miliar (sekitar Rp 9.992 triliun) dengan jumlah suplai yang sama seperti saat ini.

Skenario Pasar Solana ETF dari GSR

Highlight Harga Solana (SOL).jpg

GSR juga memperhitungkan skenario yang lebih konservatif ("bear" dan "baseline"). Dalam skenario ini, ETF Solana diprediksi akan menyerap 2% dan 5% dari aliran dana yang masuk ke ETF Bitcoin.

Hal ini akan mendorong kenaikan harga SOL masing-masing sebesar 1,4 kali lipat dan 3,4 kali lipat.

Perkiraan GSR ini bisa saja lebih tinggi lagi jika ETF Solana nantinya menyertakan pendapatan dari staking (proses "mendiamkan" kripto untuk mendapatkan imbalan). Perlu dicatat bahwa staking tidak diperbolehkan dalam ETF Ether (ETH) yang sudah disetujui sebelumnya.

"Solana berpeluang memiliki ETF tersendiri jika dan ketika ETF untuk aset kripto digital lainnya diizinkan di AS. Dampaknya terhadap harga SOL berpotensi menjadi yang terbesar sejauh ini," ungkap GSR.

Meski demikian, analis ETF Bloomberg, Eric Balchunas, dan beberapa pakar lainnya berpendapat bahwa persetujuan ETF Solana membutuhkan perubahan kepemimpinan di Amerika Serikat, baik presiden maupun ketua Komisi Sekuritas dan Bursa (SEC).

Optimisme Solana ETF Dibayangi Pandangan SEC

Optimisme GSR dibayangi oleh pandangan SEC dan pimpinannya, Gary Gensler. Mereka sebelumnya melabeli SOL sebagai sekuritas dalam tuntutan hukum terhadap Binance dan Coinbase.

Hal ini membuat proses persetujuan ETF Solana menjadi jauh lebih menantang dibandingkan dengan ETF Bitcoin dan Ether yang sudah ada.

Permohonan VanEck diajukan seminggu setelah perusahaan pengelola aset kripto 3iQ mengajukan ETF Solana di Kanada, yang menjadi yang pertama di Amerika Utara.

Ekosistem dan jaringan Solana juga menuai pujian dari perusahaan pengelola aset senilai $1,5 triliun, Franklin Templeton. Namun, belum ada konfirmasi apakah mereka akan turut mengajukan ETF Solana di masa depan.

Produk investasi terkait Solana dengan nilai total lebih dari $1 miliar sudah tersedia di berbagai belahan dunia.

Cara Beli Solana (SOL) di Bittime

Kamu bisa beli dan jual Solana (SOL) dengan cara yang mudah dan aman melalui Bittime. Bittime adalah satu aplikasi kripto terbaik di Indonesia yang sudah resmi terdaftar Bappebti.

Solana (SOL) tersedia di Bittime dengan market pair SOL/IDR. Untuk bisa beli SOL IDR di Bittime pastikan kamu telah melakukan registrasi dan menyelesaikan verifikasi identitas. Selain itu, pastikan juga kalau kamu punya saldo yang cukup dengan melakukan deposit sejumlah dana ke wallet. Sekadar informasi, minimal pembelian aset di Bittime adalah Rp10.000. Setelah itu, barulah kamu bisa melakukan pembelian aset crypto di aplikasi.

Belajar Panduan lengkap cara beli Solana (SOL) di Bittime.

Pantau pergerakan grafik harga Solana (SOL), Bitcoin (BTC), Ethereum (ETH), dan kripto lainnya untuk mengetahui tren crypto market hari ini secara real-time di Bittime.

Disclaimer: Pandangan yang diungkapkan secara eksklusif milik penulis dan tidak mencerminkan pandangan platform ini. Platform ini dan afiliasinya menolak segala tanggung jawab atas keakuratan atau kesesuaian informasi yang disediakan. Ini hanya untuk tujuan informasi dan bukan merupakan saran keuangan atau investasi.

Hamster Kombat Airdrop
Staking Baru di Bittime

Blog Bittime

Prediksi Harga Catizen (CATI) 2024-2030, Berpotensi Naik.webp
Prediksi Harga Catizen (CATI) 2024-2030, Berpotensi Naik?

Catizen bertujuan untuk mempromosikan adopsi Web3 secara global sambil mendukung tujuan amal. Lantas, bagaimana prediksi harga Catizen (CATI) ke depannya? Simak ulasannya!

2024-09-16Baca