Taproot Upgrade: OP_NET Kembangkan Bitcoin dengan Luncurkan DeFi dan Smart Contract Solution

2024-08-07

Taproot Upgrade OP_NET Kembangkan Bitcoin dengan Luncurkan DeFi dan Smart Contract Solution.webp

BittimeBitcoin, sebagai blockchain dominan, telah lama diimpikan untuk mendukung keuangan terdesentralisasi (DeFi). Namun, hingga kini, smart contract belum menjadi bagian asli dari jaringan Bitcoin. 

Berkaitan dengan hal tersebut, sekelompok pengembang akan meluncurkan testnet OP_NET pada hari Rabu, yang diklaim akan menghadirkan fitur pemrograman ini ke Bitcoin.

banner staking coin.webp

Pemanfaatan Tapscript dan Tujuan OP_NET

OP_NET memanfaatkan komponen Tapscript dari upgrade Bitcoin Taproot, yang juga memungkinkan adanya Ordinals dan Runes. Menurut Chad Master, salah satu pendiri pseudonim OP_NET, tujuan mereka adalah membangun sistem meta-protokol yang tanpa izin dan memungkinkan siapa saja untuk menerapkan aplikasi terdesentralisasi dan smart contract di jaringan Bitcoin.

“Kami ingin benar-benar melihat DeFi di Bitcoin dalam skala penuh,” kata Chad Master kepada Decrypt, memberikan gambaran tentang peluncuran testnet dan mencatat bahwa mainnet akan online pada akhir September.

DeFi di Bitcoin dengan OP_NET

Bitcoin selalu dikenal dengan keamanannya yang luar biasa dan desentralisasi yang kuat. Namun, dalam hal kemampuan pemrograman seperti smart contract, Bitcoin tertinggal dari blockchain lain seperti Ethereum. 

Dengan peluncuran OP_NET, pengembang berharap untuk mengatasi kesenjangan ini. OP_NET memanfaatkan Tapscript dari upgrade Taproot Bitcoin, memungkinkan pembuatan Ordinals, Runes, dan kini, smart contract di jaringan Bitcoin.

Chad Master menjelaskan bahwa tujuan utama mereka adalah menciptakan sistem meta-protokol yang tanpa izin, memungkinkan siapa saja untuk mengembangkan dan menjalankan aplikasi terdesentralisasi dan smart contract di Bitcoin. “Kami ingin benar-benar melihat DeFi di Bitcoin dalam skala penuh,” kata Chad.

Baca juga: Bitcoin cs Anjlok, Ini Waktu yang Tepat Beli Kripto versi Akademi Crypto

Manfaat OP_NET untuk Bitcoin

OP_NET menggunakan WebAssembly (WASM), yang memungkinkan smart contract ditulis dalam berbagai bahasa, termasuk AssemblyScript/Typescript, Rust, Python, dan C++. Selain itu, menurut light paper OP_NET, hanya Bitcoin yang diperlukan untuk membayar biaya transaksi, bukan token sidechain.

Transaksi OP_NET yang dikirim ke jaringan Bitcoin diberi label di field data arbitrer dengan string “BSI,” yang menunjukkan bahwa transaksi OP_NET telah dimulai. Transaksi ini dikirim ke alamat Bitcoin yang tidak dapat dihabiskan, yang telah dikonversi menjadi alamat kontrak. Transaksi ini kemudian diproses di mesin virtual OP_NET (OP_VM), dan kontrak diperbarui sesuai kebutuhan.

Banner Blog.webp

Keunggulan Bitcoin Virtual Machine

Mesin virtual yang digunakan oleh OP_NET, dijelaskan oleh Chad Master, berfungsi seperti Ethereum Virtual Machine, namun untuk Bitcoin. “Pada dasarnya ini adalah Mesin Virtual Bitcoin,” kata Chad. “Meskipun istilah itu telah digunakan oleh solusi layer-2, ini adalah implementasi sebenarnya dari konsep itu."

Kesimpulan

Dengan peluncuran OP_NET, Bitcoin tidak hanya memperkuat posisinya sebagai blockchain yang aman dan terdesentralisasi, tetapi juga mengambil langkah besar menuju dunia DeFi dan smart contract. Dengan memanfaatkan Taproot dan inovasi OP_NET, masa depan keuangan terdesentralisasi di Bitcoin tampak lebih cerah dari sebelumnya.

Cara Beli Crypto di Bittime

Banner Daftar Bittime

Kamu bisa beli dan jual aset crypto dengan cara yang mudah dan aman melalui Bittime. Bittime adalah satu aplikasi kripto terbaik di Indonesia yang sudah resmi terdaftar Bappebti. 

Untuk bisa beli aset crypto di Bittime, pastikan kamu telah melakukan registrasi dan menyelesaikan verifikasi identitas. Selain itu, pastikan juga kalau kamu punya saldo yang cukup dengan melakukan deposit sejumlah dana ke wallet. Sekadar informasi, minimal pembelian aset di Bittime adalah Rp10.000. Setelah itu, barulah kamu bisa melakukan pembelian aset crypto di aplikasi. Belajar Panduan Lengkap Cara Beli Crypto di Bittime

Pantau pergerakan grafik harga Bitcoin (BTC)Ethereum (ETH), Solana (SOL) dan kripto lainnya untuk mengetahui tren crypto market hari ini secara real-time di Bittime.

Disclaimer: Pandangan yang diungkapkan secara eksklusif milik penulis dan tidak mencerminkan pandangan platform ini. Platform ini dan afiliasinya menolak segala tanggung jawab atas keakuratan atau kesesuaian informasi yang disediakan. Ini hanya untuk tujuan informasi dan bukan merupakan saran keuangan atau investasi.

Hamster Kombat Airdrop
Staking Baru di Bittime

Blog Bittime

Berapa Harga HMSTR Jika Dikonversikan ke Rupiah Akankah Nominalnya Menggembirakan.webp
Berapa Harga HMSTR Jika Dikonversikan ke Rupiah? Akankah Nominalnya Menggembirakan?

Para pemain Hamster Kombat masih menantikan hari airdrop dan listing dari token HMSTR. Berbagai asumsi terkait harga HMSTR pun bermunculan. Berikut informasi konversi HMSTR ke Rupiah.

2024-09-19Baca