Tim EigenLayer Keliru Transfer Koin EIGEN Senilai $5,5 Juta ke Hacker?

2024-10-07

Tim EigenLayer Keliru Transfer Koin EIGEN Senilai $5,5 Juta ke Hacker.webp

BittimeEigenLayer, sebuah protokol restaking Ethereum, mengakui adanya kesalahan dalam transfer token senilai $5,5 juta (sekitar Rp85,8 miliar). Jumlah token tersebut secara tidak sengaja ditransfer kepada pihak peretas. 

Kejadian ini terjadi pada hari Jumat lalu dan langsung menimbulkan kecurigaan di kalangan investor terkait penjualan token EIGEN tersebut.

banner staking coin.webp

Spekulasi Token EIGEN di Kalangan Trader

Token EIGEN yang dijual secara mencurigakan ini segera memicu spekulasi di kalangan para trader. Mereka menduga bahwa insiden tersebut melibatkan orang dalam, kemungkinan seorang karyawan atau investor awal, yang mungkin melanggar periode penguncian token. 

Baca juga: Harga EigenLayer Meroket, Trader Tak Ragukan Skandal $5,5 Juta dan Aksi Jual Justin Sun

Hal ini dikarenakan token tersebut dijual tidak lama setelah perdagangan dimulai minggu lalu dan kurang dari setahun setelah tanggal airdrop, yaitu pada 10 Mei 2024. Melihat situasi yang mencurigakan ini, EigenLayer segera mengumumkan bahwa mereka akan menyelidiki aktivitas penjualan yang tidak sah tersebut.

Penjelasan EigenLayer

Dalam pernyataan yang disampaikan melalui platform media sosial X, EigenLayer menjelaskan bahwa insiden ini bermula dari serangkaian email yang disusupi oleh peretas. Email tersebut melibatkan permintaan transfer token dari salah satu investor untuk disimpan dalam kustodian. 

Akibatnya, sebanyak 1.673.645 token EIGEN ditransfer secara keliru ke alamat milik peretas. Setelah menerima token tersebut, peretas dengan cepat menukarnya menjadi stablecoin dan kemudian mentransfer hasilnya ke beberapa bursa terpusat.

"Kami sedang berkoordinasi dengan platform-platform terkait dan otoritas hukum untuk menangani kasus ini. Sebagian dari dana yang dicuri telah berhasil dibekukan," ujar pihak EigenLayer dalam pernyataannya.

EigenLayer juga menegaskan bahwa kejadian ini tidak disebabkan oleh kerentanan pada protokol atau kontrak token mereka. Tidak ada kelemahan pada fungsi on-chain yang menyebabkan peretasan ini. 

"Kompromi ini murni terkait dengan proses transfer yang terjadi di luar jaringan (off-chain)," tambah mereka. 

Banner Blog.webp

Kebijakan Tambahan EigenLayer 

Untuk meminimalisir kejadian serupa, pihak EigenLayer telah menerapkan kebijakan tambahan bagi para karyawan dan mantan karyawan. Di mana, mereka dilarang untuk melakukan staking terhadap token EIGEN yang mereka terima dari Eigen Labs di platform EigenLayer. 

Larangan ini berlaku hingga paling tidak tanggal 30 September 2025. Penjualan token juga dibekukan hingga tahun depan guna menjaga stabilitas.

Baca juga: Token EigenLayer (EIGEN): Semua yang Wajib Kamu Ketahui

Sejak insiden ini terungkap, harga token EIGEN justru mengalami sedikit peningkatan, yakni sebesar 0,54%, menjadi $3,22 (sekitar Rp50.232) dalam kurun waktu dua puluh empat jam terakhir. 

Berdasarkan data yang disajikan oleh laman harga EIGEN di Coingecko, nilai token EIGEN secara keseluruhan (fully-diluted value) mencapai $5,7 miliar (sekitar Rp89,4 triliun).

Banner Daftar Bittime

Kejadian ini menjadi sorotan para investor dan pelaku pasar yang semakin waspada terhadap keamanan aset digital mereka. Dunia cryptocurrency memang memiliki risiko tinggi, termasuk risiko peretasan yang melibatkan celah keamanan baik secara teknis maupun kelemahan manusia. 

Insiden yang melibatkan EigenLayer ini kembali menjadi pengingat pentingnya memastikan keamanan tidak hanya pada sisi protokol on-chain, tetapi juga dalam semua aspek yang berhubungan dengan operasional platform secara keseluruhan.

Cara Beli Crypto di Bittime

cara beli crypto di bittime

Ingin trading jual beli Bitcoin dan investasi crypto dengan mudah? Bittime siap membantu! Sebagai exchange crypto Indonesia yang terdaftar resmi di Bappebti, Bittime memastikan setiap transaksi aman dan cepat.

Mulai dengan registrasi dan verifikasi identitas, lalu lakukan deposit minimal Rp10.000. Setelah itu, kamu bisa langsung beli aset digital favoritmu!

Cek kurs BTC to IDR, ETH to IDR, SOL to IDR dan aset kripto lainnya untuk mengetahui tren crypto market hari ini secara real-time di Bittime.

Disclaimer: Pandangan yang diungkapkan secara eksklusif milik penulis dan tidak mencerminkan pandangan platform ini. Platform ini dan afiliasinya menolak segala tanggung jawab atas keakuratan atau kesesuaian informasi yang disediakan. Ini hanya untuk tujuan informasi dan bukan merupakan saran keuangan atau investasi.

Staking USDT Di Bittime Aja
Staking Memecoin Di Bittime

Blog Bittime

Koin SCR Meluncur di Binance Launchpool.webp
Koin SCR Meluncur di Binance Launchpool

Koin SCR resmi meluncur di Binance Launchpool, menandai langkah awal proyek Scroll menuju desentralisasi. Dapatkan imbalan dengan berpartisipasi dalam ekosistem ini!

2024-10-11Baca