TVL DeFi Bitcoin Diprediksi Lampaui Ethereum dalam 2 Tahun

2024-09-05

TVL DeFi Bitcoin

BittimeTotal Value Locked atau TVL DeFi Bitcoin diperkirakan akan melampaui Ethereum dalam 2 tahun mendatang. Hal ini disampaikan oleh Branden Sedo, pengembang dari sidechain Bitcoin Core DAO, pada event Korea Blockchain Week.

Banner 2

DeFi Bitcoin

Seiring dengan pertumbuhan nilai Bitcoin dan produk-produk seperti ETF yang menarik dana dari institusi besar, semakin banyak modal yang akan mengalir ke sidechain Bitcoin dan aplikasi DeFi. 

Saat ini, Core DAO telah menjadi sidechain Bitcoin terbesar, dengan TVL sebesar $314,4 juta, yang mencakup 26,4% dari keseluruhan TVL di semua sidechain Bitcoin.

Kapitalisasi pasar Bitcoin yang saat ini melebihi 1 triliun dolar berpotensi berpindah ke dalam aplikasi DeFi. Jika solusi teknologi seperti trustless bridges dan roll-ups terus berkembang, likuiditas dari ekosistem Bitcoin akan semakin besar sehingga bisa menyaingi Ethereum dalam hal TVL.

Baca Juga: Prediksi Harga Bitcoin Jangka Pendek, Turun Hingga $50.000?

Perkembangan DeFi Bitcoin

Seiring dengan meningkatnya popularitas dan pengembangan solusi teknologi baru dalam jaringan Bitcoin, DeFi berbasis Bitcoin mulai menarik perhatian. 

Salah satu perkembangan signifikan adalah persetujuan ETF Bitcoin spot yang telah memicu lonjakan aktivitas pengembangan sidechain seperti Core, Bitlayer, dan Stacks. 

Hal ini dianggap sebagai langkah penting untuk meningkatkan skalabilitas Bitcoin dan membuka lebih banyak peluang bagi pengguna untuk memanfaatkan aset di dalam ekosistem Bitcoin.

hamster kombat upcoming listing.webp

TVL DeFi Bitcoin

Meski memiliki potensi besar, Sedo mengakui bahwa tantangan terbesar dalam meningkatkan TVL Bitcoin adalah mengubah pola pikir para pemegang Bitcoin yang selama ini cenderung memilih untuk menyimpan Bitcoin dalam cold wallet daripada memanfaatkannya di ekosistem DeFi. 

Banyak pemilik Bitcoin yang merasa skeptis terhadap penggunaan Bitcoin dalam skema berbunga karena pengalaman buruk dengan platform seperti BlockFi dan Celsius yang runtuh pada tahun 2022.

Keruntuhan platform-platform ini menyebabkan banyak pengguna Bitcoin kehilangan aset sehingga menimbulkan ketidakpercayaan terhadap produk-produk keuangan yang memberikan hasil (yield-bearing).  

banner staking coin.webp

DeFi Bitcoin Non-Kustodial

Namun, Sedo melihat adanya perubahan sikap di kalangan pemegang Bitcoin, terutama ketika menyangkut aplikasi DeFi non-kustodial yang tidak memerlukan kepercayaan kepada pihak ketiga.

Solusi DeFi non-kustodial adalah ketika pengguna dapat memanfaatkan Bitcoin tanpa harus menyerahkan kendali kunci privat. Dalam hal ini, sidechain Core memiliki peran penting dengan model staking yang sepenuhnya non-kustodial. Pengguna Core dapat mengunci waktu Bitcoin tanpa khawatir kehilangan aset karena mereka tetap memegang kendali penuh atas kunci privatnya.

Selain itu, Core memiliki bridge yang didukung oleh LayerZero, salah satu protokol bridge terbesar yang belum pernah mengalami serangan siber. Dengan begitu, pengguna dapat memanfaatkan jaringan Core tanpa khawatir dengan risiko keamanan yang tinggi.

Baca Juga: Pasar Bitcoin Sudah Berubah dari Bearish Menjadi Netral

Cara Beli Crypto di Bittime

cara beli crypto di bittime

Kamu bisa beli dan jual aset crypto dengan cara yang mudah dan aman melalui Bittime. Bittime adalah satu aplikasi kripto terbaik di Indonesia yang sudah resmi terdaftar Bappebti. 

Untuk bisa beli aset crypto di Bittime, pastikan kamu telah melakukan registrasi dan menyelesaikan verifikasi identitas. Selain itu, pastikan juga kalau kamu punya saldo yang cukup dengan melakukan deposit sejumlah dana ke wallet. Sekadar informasi, minimal pembelian aset di Bittime adalah Rp10.000. Setelah itu, barulah kamu bisa melakukan pembelian aset crypto di aplikasi. 

Pantau pergerakan grafik harga Bitcoin (BTC), Ethereum (ETH), Solana (SOL) dan kripto lainnya untuk mengetahui tren crypto market hari ini secara real-time di Bittime.

Disclaimer: Pandangan yang diungkapkan secara eksklusif milik penulis dan tidak mencerminkan pandangan platform ini. Platform ini dan afiliasinya menolak segala tanggung jawab atas keakuratan atau kesesuaian informasi yang disediakan. Ini hanya untuk tujuan informasi dan bukan merupakan saran keuangan atau investasi.

Hamster Kombat Airdrop
Staking Baru di Bittime

Blog Bittime

X Empire Investment Daily Combo 20 September 2024 (1).webp
X Empire Investment Daily Combo 20 September 2024

X Empire Investment Daily Combo 20 September 2024 hadir dengan tiga kategori investasi menarik: Kecerdasan Buatan, Alat Pertambangan Emas, dan Model OnlyFans. Temukan peluang dan risikonya!

2024-09-19Baca