Apa Itu ETF Sol (ETF Solana)? Ini Penjelasannya!

2024-07-01
Apa Itu ETF Sol (ETF Solana)? Ini Penjelasannya!

Bittime - Temukan lebih lanjut tentang Solana (SOL) dan potensi ETF-nya, serta keunggulannya dalam kecepatan transaksi dan biaya rendah dibandingkan dengan Ethereum.

Pelajari aplikasi Solana dalam DeFi, NFT, game blockchain, dan rantai pasokan, serta faktor regulasi yang mempengaruhi masa depannya.

Apa Itu ETF Sol (ETF Solana)?

Sementara Solana ETF berbasis berjangka saat ini tidak dapat diperdagangkan di pasar AS mana pun, investor dapat membeli produk serupa ETF, seperti Grayscale Solana Trust (GSOL), yang merupakan dana tertutup, dan VanEck Solana, yang merupakan surat utang yang diperdagangkan di bursa.

Dana akhir tertutup (CEF) memperdagangkan di bursa intraday seperti ETF, tetapi mereka tidak dapat mengubah saham setiap hari. Sebaliknya, CEF masuk ke pasar melalui IPO dengan jumlah saham tetap, yang memungkinkan mereka berdagang dengan harga premium atau diskon terhadap nilai aset bersih (NAV) mereka.

Apa Itu Solana (SOL)?

Didirikan pada tahun 2017, Solana adalah proyek sumber terbuka yang saat ini dijalankan oleh Solana Foundation yang berbasis di Jenewa; blockchainnya dibangun oleh Solana Labs yang berbasis di San Francisco.

Solana memiliki biaya transaksi yang lebih rendah dan dapat diproses lebih cepat daripada blockchain pesaingnya, seperti Ethereum.

Baca Juga: Harga Solana Naik, Dipicu ETF SOL dan Airdrop Baru!

Akankah Solana ETF Masuk ke Pasar?

Spekulasi tentang ETF Solana telah muncul sebagai akibat dari persetujuan ETF spot Ethereum baru-baru ini. Namun, persetujuan ini tidak secara otomatis berarti persetujuan terhadap ETF kripto lainnya.

Ophelia Snyder, salah satu pendiri dan presiden 21. sponsor dan sub penasihat ARK Invest spot ether ETF, mengatakan kepada Cointelegraph, berita kripto dan pelacak harga, "Sepertinya persetujuan ETH tidak akan menghasilkan gelombang persetujuan yang besar."

Keputusan peraturan dan cara Solana menangani potensi masalah sentralisasi akan menentukan masa depan Solana ETF. Keputusan dan jadwal ETF kripto berikutnya mungkin juga menjadi pertimbangan politik AS.

Seperti Apa Sejarah Solana?

Anatoly Yakovenko, pendiri Solana, memiliki pengalaman kerja sebelumnya dalam desain sistem terdistribusi untuk perusahaan teknologi terkemuka seperti Qualcomm Incorporated (QCOM). Sebagai hasil dari pengalaman ini, dia menyadari bahwa jam yang andal menyederhanakan sinkronisasi jaringan.

Setelah itu, jaringan yang dihasilkan akan jauh lebih cepat, dengan satu-satunya kendala yang muncul adalah bandwidthnya. Yakovenko menduga bahwa menggunakan bukti sejarah akan mempercepat blockchain dibandingkan dengan sistem blockchain tanpa jam seperti Bitcoin dan Ethereum.

Bagaimana Kegunaan Solana?

Solana menarik untuk banyak aplikasi karena kecepatan dan biaya transaksi yang rendah. Berikut adalah beberapa manfaat utama Solana:

  • Keuangan Terdesentralisasi (DeFi): Karena transaksi solana yang cepat dan murah, platform ini ideal untuk membangun aplikasi keuangan terdesentralisasi seperti platform pinjaman, pertukaran terdesentralisasi, dan alat manajemen aset.
  • Token Non-Fungible (NFT): Karena kemampuan untuk menangani transaksi yang sangat besar, Solana adalah pilihan populer untuk membuat dan memperdagangkan NFT. Ini bermanfaat untuk seni digital, koleksi, dan barang dalam game.
  • Game Blockchain: Solana adalah pilihan yang ideal untuk mengembangkan game play-to-earn dan aplikasi game berbasis blockchain lainnya karena kemampuan untuk menangani transaksi dengan cepat dan murah.
  • Manajemen Rantai Pasokan: Keamanan dan transparansi Solana dapat membantu melacak pergerakan barang di seluruh rantai pasokan, meningkatkan efisiensi dan mengurangi penipuan.
  • Pembayaran: Dengan biaya yang lebih rendah dan waktu penyelesaian yang lebih cepat daripada metode konvensional.

Kesimpulan

Dengan kecepatan transaksi tinggi dan biaya yang rendah dibandingkan dengan pesaingnya, seperti Ethereum, Solana (SOL) adalah blockchain yang menonjol. Solana dikembangkan oleh Solana Labs dan dikelola oleh Solana Foundation, dan didirikan pada tahun 2017.

Meskipun persetujuan baru-baru ini untuk ETF spot Ethereum tidak menjamin persetujuan untuk ETF Solana, potensinya telah menjadi subjek spekulasi.

Aplikasi seperti keuangan terdesentralisasi (DeFi), game blockchain, manajemen rantai pasokan, dan NFT menggunakan Solana, yang menunjukkan fleksibilitasnya dalam berbagai konteks. Keputusan regulasi dan pendekatan Solana terhadap masalah sentralisasi akan sangat memengaruhi masa depan Solana ETF.

Cara Beli Crypto di Bittime

Kamu bisa beli dan jual aset crypto dengan cara yang mudah dan aman melalui Bittime. Bittime adalah satu aplikasi kripto terbaik di Indonesia yang sudah resmi terdaftar Bappebti.

Untuk bisa beli aset crypto di Bittime, pastikan kamu telah melakukan registrasi dan menyelesaikan verifikasi identitas. Selain itu, pastikan juga kalau kamu punya saldo yang cukup dengan melakukan deposit sejumlah dana ke wallet. Sekadar informasi, minimal pembelian aset di Bittime adalah Rp10.000. Setelah itu, barulah kamu bisa melakukan pembelian aset crypto di aplikasi.

Pantau pergerakan grafik harga Bitcoin (BTC), Ethereum (ETH), Solana (SOL) dan kripto lainnya untuk mengetahui tren crypto market hari ini secara real-time di Bittime.

Disclaimer: Pandangan yang diungkapkan secara eksklusif milik penulis dan tidak mencerminkan pandangan platform ini. Platform ini dan afiliasinya menolak segala tanggung jawab atas keakuratan atau kesesuaian informasi yang disediakan. Ini hanya untuk tujuan informasi dan bukan merupakan saran keuangan atau investasi.

Beli HMSTR di Bittime & Earn hingga 200%
Hamster Kombat Airdrop

Blog Bittime

Tomarket Airdrop dan Prediksi Harga Token TOMATO Saat Listing.webp
Tomarket Airdrop dan Prediksi Harga Token TOMATO Saat Listing

Nah, artikel ini akan membahas mengenai Tomarket Airdrop serta prediksi harga token TOMATO saat listing nanti. Penasaran? Simak terus artikel ini, yuk!

2024-10-06Baca