Apakah Bitgert (BRISE) Scam?

1970-01-01

Apakah Bitgert (BRISE) Scam.webp

BittimeBitgert (BRISE), proyek blockchain kontroversial, mencuri perhatian pada akhir 2022 saat terjadinya krisis FTX, dengan klaim berani tentang blockchain berkecepatan tinggi dan tanpa biaya. Namun, hype tersebut tidak bertahan lama, dan proyek ini, beserta token BRISE-nya, perlahan memudar dari sorotan.

banner staking coin.webp

Apa Itu Bitgert?

Bitgert adalah organisasi rekayasa kripto yang mengembangkan berbagai produk berbasis blockchain, termasuk bursa kripto, marketplace peer-to-peer, platform pembayaran, dan bahkan marketplace real estate. Tujuan mereka adalah berinovasi dan memecahkan masalah menggunakan teknologi blockchain untuk meningkatkan kualitas hidup pengguna mereka.

Cek Market Crypto Hari Ini:

Bitgert berbasis pada BNB Chain, namun mereka telah mengembangkan blockchain sendiri yang mengklaim mampu menangani lebih dari 100.000 transaksi per detik tanpa biaya. Menurut klaim mereka, blockchain Bitgert telah memproses lebih dari 25 juta transaksi hingga Mei 2024 dengan lebih dari 600.000 pengguna.

Proyek ini pertama kali diluncurkan sebagai aplikasi di BSC pada Juli 2021 dengan nama Bitrise dan token native-nya yang dikenal dengan ticker BRISE. Pada Desember 2021, Bitrise berganti nama menjadi Bitgert tanpa mempengaruhi token atau tickernya, dan platform ini terus beroperasi di BSC sejak itu.

Pada Februari 2022, Bitgert meluncurkan jaringan blockchain mereka sendiri menggunakan mekanisme validasi "proof of authority" (PoA). Jaringan ini dikenal sebagai Bitgert atau Brise Chain. Bitgert mengklaim bahwa blockchain mereka bebas biaya gas dan mampu memproses hingga 100.000 transaksi per detik (TPS). Jika klaim ini benar, maka blockchain ini akan menjadi salah satu yang tercepat, di belakang TON Network dan Aptos yang masing-masing mendukung 104.000 dan 160.000 TPS.

Apa Itu BRISE?

BRISE adalah cryptocurrency native dari Bitgert Chain. Token ini awalnya diluncurkan sebagai token di BNB Chain saat Bitgert (dahulu Bitrise) masih berupa aplikasi blockchain. Saat Bitgert meluncurkan blockchain mereka sendiri, BRISE dikeluarkan sebagai cryptocurrency native di jaringan tersebut dan sekarang juga tersedia di Ethereum.

Bitgert telah menerapkan program buyback di mana mereka membeli token BRISE berbasis BSC dan membakarnya. Tampaknya proyek ini akan menggantikan seluruh pasokan BRISE berbasis BSC dengan versi BRISE yang native di Bitgert Chain.

BRISE dapat digunakan untuk staking dan membayar biaya gas kecil di Bitgert Chain. Token ini juga bisa digunakan dalam dApps yang terhubung ke platform, seperti bursa Bitgert atau marketplace peer-to-peer. Staking BRISE memungkinkan di BSC dan Bitgert Chain, dan stakers dapat memperoleh imbalan dalam bentuk BUSD. Namun, tidak jelas dari mana imbalan staking berasal dan apakah mekanisme staking ini berkelanjutan dalam jangka panjang. Transaksi dengan token BRISE dikenakan pajak otomatis sebesar 12% yang kembali ke proyek.

Banner Blog.webp

Isu Kontroversial dan Keraguan

Proyek Bitgert telah menjadi subjek kontroversi dan spekulasi online, terutama mengenai identitas para pendirinya, audit yang dilakukan, desentralisasi, dan pengumuman amal mereka. Klaim proyek ini yang menawarkan biaya hampir nol dan kecepatan hingga 100.000 transaksi per detik telah menimbulkan kecurigaan di kalangan analis dan investor. Jika klaim kemampuan blockchain ini benar, mengapa tidak lebih banyak digunakan oleh para penggemar kripto?

Proyek ini mengklaim telah menyelesaikan trilema blockchain, yaitu meningkatkan skalabilitas seringkali mempengaruhi desentralisasi atau keamanan. Demikian pula, meningkatkan desentralisasi atau keamanan dapat mengurangi skalabilitas. Proyek ini mengklaim desentralisasi dan keamanan, namun tidak ada informasi atau bukti konkret tentang keduanya. Jika Bitgert benar-benar telah menyelesaikan trilema blockchain, mereka akan menjadi yang pertama melakukannya dan mungkin akan menarik lebih banyak perhatian karena teknologi mereka yang canggih.

Identitas para pendiri Bitgert tetap tidak diketahui bertahun-tahun setelah peluncuran blockchain mereka. Hal ini menyebabkan spekulasi bahwa tim di balik proyek ini menggunakan identitas palsu. Situs web proyek sebelumnya menampilkan halaman "Our Team" dengan nama-nama yang tidak bisa ditemukan di tempat lain di internet. Halaman tersebut sejak itu telah dihapus sepenuhnya.

Proyek ini juga mendapat sorotan untuk audit platform mereka, yang dilakukan oleh tim Bitgert sendiri. Tim ini memberi diri mereka sendiri peringkat keamanan 98%, menimbulkan kekhawatiran tentang transparansi dan keamanan platform. Whitepaper yang menjelaskan proyek ini penuh dengan kesalahan tata bahasa, dengan rincian proyek yang tampaknya sengaja dibuat ambigu. Selain itu, Bitgert mengklaim memiliki rencana untuk menyumbang ke amal, tetapi tidak memberikan rincian tentang amal tersebut atau rencananya. Pengumuman tanpa rincian ini membuat investor tidak nyaman dan menambah kecurigaan terhadap keabsahan proyek ini.

Apakah Bitgert Layak Diinvestasikan?

Sulit untuk mengatakan apakah Bitgert atau token BRISE dari proyek ini merupakan investasi yang baik. Harga token BRISE sangat rendah, berada pada $US0.0000001512 per 3 Mei 2024. Namun, pasokan maksimum token ini mencapai lebih dari 400 triliun token, dengan valuasi penuh sebesar $US65 juta. Ini berarti bahwa untuk harga token BRISE meningkat dua kali lipat, valuasi proyek harus meningkat sebesar $US65 juta.

Token BRISE sebelumnya mencapai harga tertinggi sepanjang masa sebesar $US0.00000184, sehingga kenaikan harga dari level saat ini bukanlah hal yang mustahil. Proyek ini memanfaatkan pemasaran dengan baik dan menarik investor dengan harga token yang rendah dan klaim yang berani. Namun, untuk proyek dengan pengguna yang terbatas dan keabsahan yang dipertanyakan, kemungkinan kenaikan nilai yang substansial sangat rendah.

Baca Juga Cara Beli Crypto:

Kesimpulan

Bitgert (BRISE) memiliki potensi untuk menjadi proyek yang menarik dengan klaim teknologi canggih dan berbagai produk berbasis blockchain. Namun, kontroversi seputar identitas pendiri, audit internal, dan transparansi proyek menimbulkan banyak pertanyaan tentang keabsahannya. Investor harus berhati-hati dan melakukan riset mendalam sebelum memutuskan untuk berinvestasi dalam proyek ini.

Cara Beli Crypto di Bittime

Banner Daftar Bittime

Kamu bisa beli dan jual aset crypto dengan cara yang mudah dan aman melalui Bittime. Bittime adalah satu aplikasi kripto terbaik di Indonesia yang sudah resmi terdaftar Bappebti. 

Untuk bisa beli aset crypto di Bittime, pastikan kamu telah melakukan registrasi dan menyelesaikan verifikasi identitas. Selain itu, pastikan juga kalau kamu punya saldo yang cukup dengan melakukan deposit sejumlah dana ke wallet. Sekadar informasi, minimal pembelian aset di Bittime adalah Rp10.000. Setelah itu, barulah kamu bisa melakukan pembelian aset crypto di aplikasi. Belajar Panduan Lengkap Cara Beli Crypto di Bittime

Pantau pergerakan grafik harga Bitcoin (BTC)Ethereum (ETH), Solana (SOL) dan kripto lainnya untuk mengetahui tren crypto market hari ini secara real-time di Bittime.

Disclaimer: Pandangan yang diungkapkan secara eksklusif milik penulis dan tidak mencerminkan pandangan platform ini. Platform ini dan afiliasinya menolak segala tanggung jawab atas keakuratan atau kesesuaian informasi yang disediakan. Ini hanya untuk tujuan informasi dan bukan merupakan saran keuangan atau investasi.

Lucky Draw Rp15 Juta
Staking Memecoin Di Bittime

Blog Bittime

Apa Itu BreadNButter dan Airdrop BreadNButter.webp
Apa Itu BreadNButter dan Airdrop BreadNButter?

Artikel ini akan membahas secara lengkap apa itu BreadNButter, bagaimana cara berpartisipasi dalam airdrop, dan langkah-langkah klaim token bagi pengguna baru.

2024-10-16Baca