Investigasi Crypto: Pavel Durov Ditangkap, Harga Toncoin Terjun Bebas, dan Telegram Terancam Pembatasan

2024-08-25

Pavel Durov Ditangkap, Harga Toncoin Terjun

Bittime - Investigasi Crypto: Pavel Durov ditangkap, harga Toncoin terjun bebas, dan Telegram terancam pembatasan.

Isu pertama yang muncul adalah kabar terkait Pavel Durov yang ditangkap kepolisian Prancis, lalu berimbas terhadap harga Toncoin yang terjun bebas, serta posisi Telegram yang terancam.

Apa yang sebenarnya terjadi? Apa alasan di balik penangkapan Pavel Durov, dan bagaimana kondisi harga Toncoin?

Banner Daftar Bittime

Kenapa Pavel Durov Ditangkap?

Pendiri sekaligus CEO aplikasi Telegram, Pavel Durov, dikabarkan telah ditangkap di Bandara Bourget, Paris, setelah Durov melakukan perjalanan dengan jet pribadinya dari Baku, Azerbaijan.

Penangkapan tersebut dilakukan pada Sabtu Malam dengan alasan pelanggaran yang dilakukan oleh platform Telegram terkait kejahatan terorganisir, terorisme, transaksi narkoba, serta kekerasan terhadap anak.

Surat perintah penangkapan terhadap Pavel Durov dikeluarkan oleh OFMIN Prancis, sebuah lembaga yang mengampu tugas untuk mencegah kriminalitas siber.

“Cukup sudah impunitas Telegram,” ujar salah seorang penyidik yang dikutip NDTV.

Memang, selama ini Telegram terkenal dengan tingkat penghargaan terhadap privasi yang tinggi, sehingga memperkarakan Telegram adalah hal yang tidak mudah sehingga seolah-olah kebal hukum.

Namun, penangkapan Pavel Durov yang terjadi menunjukkan bahwa impunitas Telegram sudah berakhir dengan agenda besar di baliknya.

Baca Juga: CEO Telegram Pavel Durov Ditangkap di Bandara Bourget Prancis

Telegram Diduga Melakukan Pelanggaran

pavel durov quotes

Penangkapan dilakukan oleh penyidik dari Kantor Antipenipuan Nasional, yang merupakan bagian dari Departemen Bea Cukai Prancis, seperti yang dilaporkan. 

Pavel Durov, yang dikritik karena dugaan moderasi yang kurang memadai pada aplikasi Telegram yang terenkripsi, diduga menolak bekerja sama dengan pihak berwenang, menurut laporan tersebut.

Telegram belum memberikan tanggapan resmi terkait penangkapan ini hingga Minggu pagi. Kementerian Dalam Negeri dan kepolisian Prancis juga tidak memberikan komentar, menurut laporan Reuters. 

Kementerian Luar Negeri Rusia menyatakan bahwa kedutaannya di Paris sedang berusaha mengklarifikasi situasi terkait Durov, seperti yang dilaporkan oleh Reuters.

Durov diperkirakan akan hadir di pengadilan pada hari Minggu, menurut laporan dari TF1 dan BFM.

airdrop dogs bittime

Harga Toncoin Terjun Bebas Menuju -20%?

Pavel Durov ditangkap otomatis berimbas terhadap berbagai proyek yang terkait dengannya, termasuk Toncoin (TON).

Terpantau dari Bittime Trade harga Toncoin terperosok hingga - 19% pada saat artikel ini ditulis.

Level penurunan harga TON ketika artikel ini ditulis nampak sama dengan kondisinya pada 05 Agustus 2024 pukul 15.00 WIB.

Angka penurunan sebesar - 19% tersebut masih berfluktuasi di angka - 18%, namun apabila Pavel Durov yang ditangkap mendapati nasib yang kurang baik, bisa jadi harga Toncoin akan terjun bebas hingga - 20%.

harga toncoin TON

Sumber: Bittime

 

Skenario penurunan harga Toncoin hingga -20% kiranya agak berlebihan, kecuali memang terjadi hal yang tidak menyenangkan.

Para investor maupun trader yang mempunyai aset Toncoin (TON) diimbau untuk terus memantau situasi yang terkait sembari melakukan riset mendalam.

Telegram Terancam Pembatasan dan Berbagai Reaksi di X

Imbas lain dari Pavel Durov yang ditangkap adalah munculnya berbagai kekhawatiran terhadap pembatasan aplikasi Telegram.

Di X, postingan seputar hal ini merebak dengan luas, dan kebanyakan memberi imbauan agar pengguna Telegram bergegas melakukan back up data.

Sebab, Telegram bukan hanya terancam pembatasan namun juga pemblokiran penuh.

Meski terkesan berlebihan, kekhawatiran tersebut wajar saja muncul mengingat situasi yang menimpa Pavel Durov masih tidak jelas.

Akun Extra Time Indonesia mengeluarkan postingan yang mengimbau pengguna Telegram untuk bersiap.

pembatasan telegram

Postingan dari Extra Time Indonesia yang sudah di repost oleh 4 ribu pengguna X tersebut menunjukkan bahwa kekhawatiran terhadap pembatasan Telegram adalah nyata.

Terlepas dari kekhawatiran pembatasan Telegram, proyek-proyek terkait seperti game Telegram, crypto, blockchain, dan Web3 praktis berada dalam situasi yang kurang menyenangkan saat ini.

Berbagai Dukungan untuk Pavel Durov #FreePavel

Meski Pavel Durov ditangkap dan hendak dilucuti kebebasannya akibat pendiriannya terhadap kebebasan berpendapat di jagat maya, dukungan kepada Pavel Durov ternyata tidak main-main.

Elon Musk memberikan reaksi terkait penangkapan Pavel Durov secara langsung melalui postingan X.

Elon Musk terpantau mengeluarkan dua postingan X yang berkaitan dengan Pavel Durov secara eksplisit, akan tetapi Elon Musk juga mengeluarkan postingan lainnya yang bernada satire terkait penangkapan Pavel Durov.

Dukungan dari Elon Musk kepada Pavel Durov mendapat sambutan dari berbagai pengguna X lainnya yang merasa bahwa Pavel Durov harus dibebaskan.

Seluruh situasi terkait Pavel Durov masih belum pasti. Imbas terhadap harga Toncoin yang diulas di dalam artikel ini pun sepenuhnya spekulasi.

Cara Beli Crypto di Bittime

cara beli crypto di bittime

Kamu bisa beli dan jual aset crypto dengan cara yang mudah dan aman melalui Bittime. Bittime adalah satu aplikasi kripto terbaik di Indonesia yang sudah resmi terdaftar Bappebti. 

Untuk bisa beli aset crypto di Bittime, pastikan kamu telah melakukan registrasi dan menyelesaikan verifikasi identitas. Selain itu, pastikan juga kalau kamu punya saldo yang cukup dengan melakukan deposit sejumlah dana ke wallet. Sekadar informasi, minimal pembelian aset di Bittime adalah Rp10.000. Setelah itu, barulah kamu bisa melakukan pembelian aset crypto di aplikasi. 

Belajar Panduan Lengkap Cara Beli Crypto di Bittime

Pantau pergerakan grafik harga Bitcoin (BTC)Ethereum (ETH), Solana (SOL) dan kripto lainnya untuk mengetahui tren crypto market hari ini secara real-time di Bittime.

Disclaimer: Pandangan yang diungkapkan secara eksklusif milik penulis dan tidak mencerminkan pandangan platform ini. Platform ini dan afiliasinya menolak segala tanggung jawab atas keakuratan atau kesesuaian informasi yang disediakan. Ini hanya untuk tujuan informasi dan bukan merupakan saran keuangan atau investasi.

Hamster Kombat Airdrop
Staking Baru di Bittime

Blog Bittime

Daily Combo Hamster Kombat Update 20 September 2024.webp
Daily Combo Hamster Kombat: Update 20 September 2024

Daily Combo harian Hamster Kombat untuk 20 September 2024 sudah rilis. Dapatkan kombinasi barunya di artikel ini dan raup 5 juta koin langsung.

2024-09-20Baca